kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspansi Filipina, MAPA akuisisi 100% saham New Golden Heritage Rp 55,6 miliar


Kamis, 03 September 2020 / 22:44 WIB
Ekspansi Filipina, MAPA akuisisi 100% saham New Golden Heritage Rp 55,6 miliar
ILUSTRASI. gerai toko perlengkapan olah raga PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Salah satu dari segmen olahraga melalui MAP Active yang membawahi Sports Station, Planet Sports, The Athlete Foots hingga Golf House dengan merek-merek papan atas

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) lewat anak usahanya Athletica International Holdings Pte Ltd (AIH) mengakuisisi 100% saham New Golden Heritage Pte Ltd dari Teamway Asia Ltd. 

Berdasarkan pengumuman resmi perusahaan ini, 2 September di laman Bursa Efek Indonesia, nilai transaksi akuisisi ini sebesar US$ 4 juta, setara dengan Rp 55,6 miliar dengan menggunakan asumsi kurs tengah Bank Indonesia tanggal 31 Desember 2019.
Adapun penandanganan trasaksi ini dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2020. 

“Akuisisi New Golden Heritage untuk mendukung ekspansi perseroan di kawasan Asia Tenggara,” ujar pengumuman MAPA (2/9).  Dalam pengumumannya, manjemenMAPA menyebut industri ritel di Filipina terus meningkat karena dipicu oleh pertumbuhan ekonomi, peningkatan populasi, dan daya beli konsumen. 

Ini pula yang mendorong MAPA melakukan ekspansi bisnis ke pasar Filipina. 

MAPA juga berharap melalui transaksi ini, New Golden Heritage bisa mengembangkan kegiatan usaha MAP Active Philippines melalui anak usahanya, Planet Sports Inc. 
"Dengan sinergi kegiatan usaha antara MAP Active Philippines dan Planet Sports, perseroan bisa memangkas beban usaha yang pada akhirnya bisa berdampak positif bagi laporan keuangan perseroan," jelas manajemen.

Athletica International adalah perusahaan yang berbasis di Singapura. Athletica menjalankan kegiatan usahanya dalam bidang perdagangan besar dan eceran, termasuk importir umum dan eksportir. 

Baca Juga: Terpukul pandemi Covid-19, MAP Aktif (MAPA) rugi Rp 75,26 miliar di semester I-2020

Saat ini, Athletica International memiliki 66,59% saham MAP Active Philippines. Sementara, MAP Active Philippines adalah perusahaan di Filipina yang menjalankan kegiatan usaha di bidang pembelian, penjualan, distribusi, dan pemasaran produk sepatu olahraga, pakaian, aksesoris, serta produk lainnya secara grosir. 

Sementara New Golden Heritage (NGH) merupakan perusahaan investasi yang juga menjalankan kegiatan usahanya di Singapura. Per akhir 2019, New Golden Heritage tercatat memiliki penyertaan saham sebesar 66,69% di Planet Sports. 

Planet Sports adalah perusahaan Filipina yang bergerak di bidang bisnis impor dan perdagangan untuk produk sepatu, pakaian olahraga, aksesoris, dan produk-produk terkait. 

Termasuk transaksi terafiliasi, pasca akuisisi maka MAPA akan memili 100% saham saham Athletica International Holdings Pte Ltd (AIHP). Sementara AIHP akan memiliki 100% saham New Golden Heritage (NGH) dan sebesar 66, 59%  atas saham MAP Active Philippines (MAPH).

Dan NGH memiliki 66,9% saham Planet Sport

Hingga semester I-2020, MAPA mencatat pendapatan bersih senilai Rp 2,12 triliun, turun 38,9% dari Rp 3,47 triliun di semester pertama 2019. Margin laba kotor untuk semester pertama turun dari 45,9% menjadi 39,9%, terutama disebabkan pandemi pada kuartal ke-dua tahun 2020.

Pendapatan dan margin yang lebih rendah mengakibatkan rugi usaha MAPA sebesar Rp 95,2 miliar dan EBITDA mencapai Rp 218,6 miliar. Rugi bersih untuk periode berjalan mencapai Rp 75,4 miliar, sementara sebelum penerapan PSAK 73, rugi bersih seharusnya berjumlah Rp 60,6 miliar. 

Adapun rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 75,26 miliar, turun dari capaian di semester I-2019 yang mencatatkan laba  sebesar Rp 365,9 miliar.

Pada penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia Kamis (3/9),  harga saham MAPA di level Rp 2.200 per saham, turun 0,45%. 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×