kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DSSA investasi fiber optik US$ 50 juta


Senin, 16 Juni 2014 / 06:40 WIB
ILUSTRASI. Tekanan darah tinggi


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Avanty Nurdiana

JAKARTA. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) menggenjot ekspansi di bidang multimedia. Perseroan ini menganggarkan dana hingga US$ 50 juta untuk memperbesar jangkauan home pass fiber optik di Jabodetabek.

Hermawan Tarjono, Direktur dan Sekretaris Perusahaan DSSA mengatakan, akan menggunakan dana itu untuk menyasar 200.000 home pass tahun ini. Ekspansi itu dilakukan melalui anak usahanya PT Mora Quatro Multimedia (MQM). Saat ini, area penjualan MQM meliputi Tangerang, Cibubur, Depok, Bekasi, dan Surabaya.

Hermawan mengatakan, dana itu akan berasal dari belanja modal DSSA US$ 270 juta tahun ini. Perseroan ini mengandalkan, kas internal dan pinjaman perbankan untuk memenuhi belanja modal.

"Bisnis TV berlangganan memang baru berkontribusi kecil untuk pendapatan. Tetapi sangat prospektif untuk angka panjang," ujar Hermawan kepada KONTAN, akhir pekan lalu. Per akhir Maret 2014, DSSA sudah merambah 89.295 home pass dengan subscriber sebanyak 15.030.

Belum lama ini, DSSA juga menambah portofolio investasinya di bisnis internet dengan membeli saham perusahaan asal Singapura, MyRepublic Limited. Aksi tersebut dilakukan melalui anak usaha DSSA, Sunshine Network Pte. Ltd. Nilai akuisisinya saat itu mencapai S$ 4,44 juta.

Dana sebesar itu digunakan Sunshine Network untuk membeli 5,9% saham MyRepublic. MyRepublic adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan internet. Akuisisi ini memang dilakukan untuk memperkuat bisnis internet DSSA.

DSSA melalui PT DSSA Mas Sejahtera juga bekerjasama dengan Excite Japan Co.Ltd membentuk perusahaan ventura bernama PT Excite Indonesia. Perusahaan itu  menjalankan usaha di bisnis portal web. Saat ini, pengguna terdaftar dari Excite satu juta pengguna. Kontribusi pendapatan dari bisnis penyediaan TV kabel dan internet pada kuartal I-2014 baru 0,54% yakni US$ 877.223.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×