kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Drop 1,01% di akhir pekan lalu, begini proyeksi IHSG pada awal pekan ini


Senin, 21 Juni 2021 / 05:15 WIB
Drop 1,01% di akhir pekan lalu, begini proyeksi IHSG pada awal pekan ini

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memerah di akhir pekan lalu. IHSG drop 1,01% ke level 6.007,12 pada perdagangan Jumat (18/6). Untuk perdagangan Senin (21/6), IHSG diperkirakan masih akan melanjutkan pelemahannya.

Mino, Analis Indo Premier Sekuritas memprediksi, IHSG pada esok hari akan melemah dengan support di level 5.945 dan resistance di 6.065. Sentimen pelemehan ini masih terkait dengan perkembangan penambahan kasus baru Covid-19.

"Kenaikan kasus ini dikhawatirkan akan membuat pemerintah membatasi kembali aktivitas masyarakat dan berdampak negatif terhadap proses pemulihan ekonomi," ucap Mino saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (20/6).

Baca Juga: Return IHSG termasuk yang terendah di antara bursa saham Asia

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan juga melihat, IHSG akan bergerak bearish untuk menguji support di level 5.950 dan resistance di 6.050. Hal ini seiring dengan sinyal pengetatan kebijakan moneter The Fed yang diperkirakan masih akan menekan nilai tukar rupiah.

Sebagaimana diketahui, pelemahan nilai tukar Rupiah menjadi salah satu faktor yang memicu pelemahan harga saham sejumlah bank dalam beberapa hari perdagangan terakhir. Terlebih lagi, sinyal pengetatan kebijakan moneter tersebut diikuti dengan kekhawatiran pelaku pasar terhadap dampak negatif dari peningkatan kasus baru Covid-19 di Indonesia ke prospek ekonomi Indonesia.

"Pasalnya, kenaikan kasus baru Covid-19 dikhawatirkan mendasari penerapan pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat untuk meredam laju penularan virus tersebut," kata Valdy.

Untuk perdagangan Senin (21/6), ia menyarankan investor untuk memperhatikan peluang speculative buy pada PT  BBCA, BMRI, TLKM, UNTR, dan EMTK.

 

Selanjutnya: IHSG tertekan lonjakan kasus Covid-19, bagaimana proyeksi hingga akhir tahun?

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×