kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Dolar Mendominasi Transaksi Global, Ambil Cuan dari Deposito USD Bunga Hingga 5% p.a


Rabu, 03 Juli 2024 / 16:21 WIB
Dolar Mendominasi Transaksi Global, Ambil Cuan dari Deposito USD Bunga Hingga 5% p.a
ILUSTRASI. Bank J Trust: Pelayanan nasabah di Bank J Trust, Jakarta, Senin (20/5). KONTAN/Baihaki/20/5/2024


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Dolar AS (USD) masih menjadi mata uang yang paling banyak ditransaksikan di dunia. Pelaku bisnis internasional dapat membuka tabungan dan deposito dalam USD untuk kelancaran usaha sekaligus meraih cuan.

Berdasarkan laporan Atlantic Council’s GeoEconomics Center, dolar AS terus mendominasi kepemilikan cadangan devisa, faktur perdagangan, dan transaksi mata uang secara global. Dominasi ini tetap bertahan meskipun sejumlah negara yang tergabung dalam BRICS gencar melakukan dedolarisasi.

Fundamental ekonomi AS yang masih cukup solid dan kepercayaan investor terhadap kemampuan ekonomi AS merupakan penopang kuatnya USD. Bahkan, mata uang negeri Paman Sam ini kerap disebut sebagai Mother of Currency karena perputaran transaksinya yang paling besar di dunia.

Dengan membuka tabungan dan deposito USD, operasional usaha yang bergerak di bidang perdagangan internasional akan semakin lancar. Kas atau cadangan modal USD yang belum akan digunakan dapat disimpan dalam deposito. Jika suku bunganya kompetitif, nasabah pun bisa memperoleh imbal hasil menarik dari deposito USD.

Salah satu program deposito valas yang menawarkan besaran suku bunga spesial bagi nasabah adalah Program Deposito Blue Sakura Premiere dari J Trust Bank yang berlangsung selama periode 1 Februari—31 Juli 2024. Program deposito valas ini memberikan bunga yang sangat kompetitif, yakni hingga 5,00% per tahun (p.a). Nasabah baru dan nasabah eksisting J Trust Bank, baik perorangan maupun badan usaha, dapat mengikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere.

Caranya, nasabah menempatkan valas minimum USD1.000 pada instrumen deposito dengan tenor tiga bulan atau enam bulan. Suku bunga yang diberikan mulai dari 3,75% p.a hingga 5,00% p.a. Ilustrasi penempatan dan suku bunga dalam Program Deposito Blue Sakura Premiere dapat dilihat sebagai berikut.

No.

Nominal

Suku Bunga

Tenor 3 Bulan

Suku Bunga

Tenor 6 Bulan

1.

USD1.000 s.d  < USD10.000

3,75% p.a

4,00% p.a

2.

USD10.000 s.d < USD50.000

4,00% p.a

4,25% p.a

3.

USD50.000 s.d < USD300.000

4,25% p.a

4,50% p.a

4.

≥ USD300.000

4,75% p.a

5,00% p.a

Untuk mengikuti program ini, dana harus berupa fresh fund, yaitu berasal dari rekening di luar J Trust Bank dan tidak berasal dari pemindahbukuan antar rekening di J Trust Bank.

Sebagaimana deposito berjangka, Deposito Blue Sakura Premiere juga tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah mencairkan deposito atau break dari program sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti.

Penalti break program berupa pemberlakuan suku bunga deposito menjadi 0,1% p.a, dihitung sejak awal penempatan deposito. Selain itu, kelebihan imbal hasil yang sudah diterima juga harus dikembalikan nasabah, dipotong dari jumlah deposito yang ditempatkan.

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali apabila ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Anda melepaskan potensi imbal hasil yang sudah ada di depan mata.

Nasabah juga perlu mengetahui, penjaminan simpanan nasabah pada bank diatur berdasarkan peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), baik dari jumlah simpanan maupun besaran suku bunga. Oleh karena itu, simpanan dengan suku bunga melebihi ketentuan yang diberlakukan LPS akan dijamin oleh bank terkait itu sendiri.

Keputusan investasi kembali pada investor masing-masing. Pertimbangkan risiko yang dapat ditoleransi dan sesuaikan investasi dengan kebutuhan serta tujuan keuangan.

Untuk meningkatkan kenyamanan transaksi perdagangan internasional sekaligus meraih cuan optimal dari deposito valas, segera ikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615

Selanjutnya: IHSG Melonjak 1,01% ke 7.196 Rabu (3/7), MTEL, UNTR, BRPT Top Gainers LQ45

Menarik Dibaca: Suka Cokelat? Ternyata Ini 4 Manfaat Makan Cokelat Setiap Hari bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×