kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dolar AS terluka Rabu (19/5) pagi, fokus pada notulensi The Fed dan inflasi


Rabu, 19 Mei 2021 / 08:32 WIB
Dolar AS terluka Rabu (19/5) pagi, fokus pada notulensi The Fed dan inflasi
ILUSTRASI. Karyawan money changer menghitung mata uang dollar


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Dolar Amerika Serikat (AS) terhuyung-huyung mendekati level terendah enam tahun terhadap mata uang Kanada dan mempertahankan pelemahannya terhadap mata uang Eropa karena ekspektasi suku bunga AS akan tetap rendah.

Rilis risalah dari pertemuan terbaru Federal Reserve AS yang dijadwalkan pada hari ini diharapkan untuk mengonfirmasi bahwa pembuat kebijakan berpikir kenaikan suku bunga masih dalam jarak.

Investor juga akan mencermati data harga konsumen di Inggris dan Kanada untuk menentukan seberapa cepat ekonomi utama akan dipaksa untuk mengekang kebijakan moneter akomodatif mereka, yang memegang kunci tren dolar dalam jangka menengah.

"Saya paling prihatin tentang kekuatan relatif inflasi," kata Masafumi Yamamoto, chief currency strategist di Mizuho Securities Tokyo.

Baca Juga: Harga emas bersinar di dekat level tertinggi 4 bulan Rabu (19/5) pagi

"Rilis harga konsumen AS baru-baru ini dicetak cukup tinggi. Jika Inggris dan Kanada tetap di bawah level itu, itu menunjukkan laju normalisasi di Amerika Serikat akan lebih cepat. Tren jual dolar mungkin tidak bertahan lebih lama."

Terhadap dolar Kanada, greenback diperdagangkan pada C $ 1,2069, mendekati level terlemah sejak Mei 2015. Pound Inggris dibeli $ 1,4188, yang mendekati level terkuat sejak akhir Februari.

Euro stabil di $ 1,2223. Dolar sedikit berubah pada 108,90 yen dan 0,8976 franc Swiss.

Data pekan lalu yang menunjukkan harga konsumen AS naik 4,2% pada April dari tahun sebelumnya adalah kenaikan tercepat dalam lebih dari satu dekade, yang mengejutkan investor.

Petinggi The Fed telah mengatakan ini adalah lonjakan sementara dan menegaskan kembali bahwa mereka mengharapkan suku bunga tetap rendah, yang telah mengambil tenaga dari dolar, tetapi tidak semua yakin oleh bujukan Fed.

Harapan untuk pengetatan kebijakan di Kanada dan pencabutan bertahap pembatasan virus korona di Inggris telah mengangkat mata uang kedua negara, tetapi setiap saran inflasi yang jinak dapat membantu greenback memulihkan sebagian dari kerugiannya.

Baca Juga: Bursa Asia tergelincir Rabu pagi, Nikkei 225 Jepang jatuh hampir 2%

Di tempat lain, dolar Australia dan Selandia Baru menahan kenaikan baru-baru ini, tetapi pedagang menutup mengamati harga komoditas untuk menentukan apakah Antipodean akan keluar dari kisaran perdagangan baru-baru ini.

Di pasar cryptocurrency, bitcoin stabil pada US$ 43.253 dan mata uang digital saingannya diperdagangkan pada US$ 3.409.

Tetapi beberapa kegelisahan tetap ada setelah China melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayarannya untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi cryptocurrency.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×