kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dolar AS masih menjadi mata uang dengan prospek paling menarik


Senin, 09 Agustus 2021 / 18:38 WIB
Dolar AS masih menjadi mata uang dengan prospek paling menarik
ILUSTRASI. Secara year to date, pairing USD/IDR tercatat sudah menguat 2,23%.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dolar Amerika Serikat (AS) dinilai masih menjadi mata uang paling menarik untuk dikoleksi pada tahun ini. Merujuk Bloomberg, pasangan USD/IDR pada perdagangan hari ini, Senin (9/8) ditutup di 14.363. Secara year to date, pasangan ini tercatat sudah menguat 2,23%.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengungkapkan, dolar AS secara prospek memiliki potensi yang paling menarik dibanding mata utang utama lainnya. Menurut dia, baik dari sisi sentimen maupun fundamental, dolar AS sedang diuntungkan saat ini. 

“Dari sisi fundamental, data ekonomi AS terus menunjukkan perbaikan, di mana teranyar data tenaga kerja, PMI, hingga tingkat pengangguran terus membaik. Selain itu, mulai santernya indikasi pengetatan moneter oleh The Fed juga membuat the greenback menguat,” kata Faisyal kepada Kontan.co.id, Senin (9/8).

Lebih lanjut, Faisyal juga meyakini pemerintahan AS yang sedang menyiapkan stimulus infrastruktur juga akan berpotensi mendorong penguatan dolar AS lebih jauh. Oleh karena itu, menurutnya, dibanding negara lain, kondisi perekonomian AS memiliki prospek yang paling baik.

Baca Juga: Ekonom: Penurunan bunga penjaminan LPS minim pengaruhnya ke konsumsi nasabah tajir

Selain dolar AS, menurut Faisyal, dolar Australia juga memiliki potensi yang cukup menarik. Hal ini sejalan dengan rencana bank sentral Australia yang melakukan pemangkasan obligasi dalam waktu dekat. Hal ini berpotensi mendongkrak nilai tukar dolar Australia ke depan. Walaupun, risiko penyebaran Covid-19 varian Delta masih patut dicermati investor.

Sementara jika investor ingin masuk ke Sistem Perdagangan Alternatif (SPA), Faisyal menilai dolar AS juga merupakan komoditas yang menarik. Ia menjelaskan, saat ini terjadi tarik-menarik antara pergerakan harga dolar AS dan emas yang disebabkan oleh tiga isu utama, yakni soal penyebaran Covid-19, vaksinasi, hingga stimulus.

Baca Juga: IHSG anjlok 1,22% ke 6.127 pada akhir perdagangan Senin (9/8)

“Ketiganya membuat safe haven jadi incaran, hanya saja saat ini, kondisinya pasar kadang memilih dolar AS, tapi kadang memilih emas juga. Tarik-menarik ini membuat terjadi volatilitas harga pada dolar AS dan Emas sehingga membuat peluang yang menarik untuk SPA,” imbuh Faisyal.

Oleh karena itu, investor bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan trading jangka pendek. Adapun, untuk pasangan USD/IDR, Faisyal memproyeksikan harganya bisa bergerak ke 14.400-14.500 jika secara sentimen dolar AS memang berada dalam tren positif. Sementara jika bank sentral Australia melakukan pengetatan moneter, proyeksikan pasangan AUD/IDR bisa menuju 11.000 pada akhir tahun nanti.

Baca Juga: Keputusan PPKM akan menyetir pergerakan rupiah Selasa (10/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×