kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dikabarkan tengah negosiasi dengan Walt Disney, ini kata Dirut MNCN


Jumat, 05 Juli 2019 / 20:46 WIB

Dikabarkan tengah negosiasi dengan Walt Disney, ini kata Dirut MNCN


Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN, anggota indeks Kompas100 ini) dikabarkan sedang dalam proses negosiasi dengan The Walt Disney Co. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut dikabarkan tertarik untuk membeli konten milik MNCN.

Kabar itu diterima Kontan.co.id berdasarkan keterangan Mirae Asset Sekuritas ketika mendampingi Komisaris Utama MNCN Hary Tanoesoedibjo ke Seoul, Korea Selatan. Taipan itu disebut menghadiri Korea Discovery Day, 27-28 Juni 2019 lalu.


Direktur Utama MNCN David Fernando Audy tak mengonfirmasi apa pun mengenai kabar tersebut. “Mohon maaf kita belum bisa disclose lebih lanjut mengenai hal tersebut,” kata David ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (7/5).

David hanya mengatakan pihaknya masih akan terus berfokus pada konten dan pengembangan digital. Pergeseran pengiklan yang awalnya mengembangkan jaringan free-to-air ke jaringan digital disebut David menjadi tantangan perusahaannya.

“Kami akan menguatkan library konten yang kami miliki di berbagai channel digital seperti Youtube dan FTA+,” kata David.

Pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya menyebutkan, MNCN akan mengembangkan RCTI+. Platform tersebut merupakan platform digital yang terdiri dari streaming langsung untuk televisi FTA.

Selain itu platform tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti TV dan content library seperti bloopers, quiz, hingga web series. Selain itu, MNCN menargetkan bisa meraup Rp 300 miliar dari iklan dengan memperluas format periklanan mulai dari built-in advertising, iklan virtual, dan squeeze time.

Terkait dengan kabar negosiasi antara Disney dan MNCN, dalam riset Mirae yang diterima Kontan, Hary mengaku rencana itu masih terus berjalan. Disney disebut Hary akan menguatkan lini bisnisnya di Asia.

“Konten MNCN akan dibeli Disney untuk mengisi salah satu jaringan OTT mereka di Asia yaitu Hotstar India,” kata Hary dalam keterangan Mirae yang diterima oleh Kontan.co.id

Bila terjalin, maka MNCN dan Disney berpotensi menjalin kerja sama itu hingga 10 tahun kedepan. Hary menyebut, potensi kesepakatan itu memiliki nilai sebesar US$ 200 juta. “Tentu akan menjadi kontribusi yang signifikan dari lini penjualan konten MNCN,” kata Hary dalam laporan itu.

Laporan Mirae itu juga menyebut, apabila penjualan konten itu mencapai kesepakatan, Hary optimistis rencana Disney mengakuisisi 20% kepemilikan MNCN akan semakin terbuka lebar.

Sedangkan disatu sisi, rencana akuisisi Vivendi atas anak perusahaan MNCN yang akan melantai di bursa yaitu MNC Vision Networks tidak ada hubungannya dengan fundamental MNCN.

Kabar ini sepertinya tidak terlalu banyak mempengaruhi pelaku pasar. Terbukti, harga saham MNCN anteng di level 1255. Sepanjang hari, volume transaksi saham MNCN mencapai 57,5 juta saham dengan frekuensi transaksi sebanyak 12.691 kali. Nilai transaksi saham MNCM pada perdagangan hari ini mencapai Rp 72,2 miliar.


Reporter: Aloysius Brama
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan


Close [X]
×