kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di tengah pandemi Covid-19, ini inovasi XL Axiata (EXCL)


Senin, 27 Juli 2020 / 22:18 WIB
Di tengah pandemi Covid-19, ini inovasi XL Axiata (EXCL)
ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) menyediakan layanan end to end bagi pelanggan yang sepenuhnya secara digital.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) tidak memungkiri berbagai peluang dapat dimaksimalkan di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, emiten dengan kode EXCL itu melakukan serangkaian inovasi berkaitan dengan kondisi ini.

Presiden Deirektur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan, pandemi Covid-19 memicu perubahan dalam pola hidup masyarakat, termasuk dalam berinteraksi. Protokol di masa pandemi mendorong masyarakat menerapkan jaga jarak dan melakukan interaksi secara digital.

"Interaksi digital yang mendorong perubahan kebutuhan terhadap layanan telekomunikasi seperti XL," ujar Dian dalam acara Kompas Talk yang digelar secara daring, Senin (27/7). Lebih lanjut Dian menjelaskan, inovasi diperlukan agar EXCL mampu mengadaptasi perubahan-perubahan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Harga melesat, analis UOB Kay Hian menilai saham XL Axiata (EXCL) layak beli

Adapun inovasi EXCL di antaranya dengan minimalisir kontak dengan pelanggan, seperti layanan customer service yang dilakukan secara digital. Selain itu, pelanggan juga difokuskan untuk membeli produk-produk EXCL melalui platform digital yang tersedia.

Di sisi lain, EXCL menyediakan layanan end to end bagi pelanggan yang sepenuhnya secara digital. Misalnya saja membeli sim card melalui e-commerce, kemudian sim card dapat dikirimkan langsung kepada pelanggan. "Pergerakan dari offline ke online ini menjadi kesempatan yang luar biasa," jelas Dian lagi, Senin (27/7).

Peralihan ini juga menuntut kecepatan dan stabilitas jaringan, serta produk-produk yang dapat dijangkau masyarakat. Oleh karena itu, EXCL terus berupaya melakukan monitoring jaringan serta menyediakan produk-produk yang dapat dijangkau. Di antaranya, paket khusus untuk mendorong digitalisasi Usaha Kecil dan Mengah (UKM). EXCL juga menjalin kerjasama dengan universitas untuk menyediakan paket khusus pelajar dan pengajar. EXCL juga memasang base transceiver station (BTS) di beberapa rumahsakit rujukan Covid-19, selain memberikan bantuan berupa APD.  

Baca Juga: Permintaan data naik saat pandemi Covid-19, begini strateg XL Axiata (EXCL)

Mengutip Kontan.co.id sebelumnya, di tengah meningkatnya permintaan pelanggan, EXCL juga melakukan penyeimbangan trafik terlebih dahulu untuk memastikan performa jaringan terjaga. Oleh karena itu, XL melakukan penambahan kapasitas dan perluasan jaringan antara 4.000 hingga 6.000 titik atau site di berbagai wilayah mengikuti peningkatan trafik harian.

Adapun transformasi ke arah digital tidak hanya akan terjadi sementara. Menyadari hal ini, Dian bilang EXCL tengah menyiapkan inovasi dan rencana bisnis dalam kurun waktu dua tahun ke depan. Adapun rencana tersebut mempertimbangkan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Walaupun Covid-19  menjadi peluang menarik bagi bisnis emiten telekomunikasi, Dian tidak memungkiri perusahaannya tetap menghadapi tantangan bisnis. Di antaranya, kemampuan  berbelanja masyarakat yang menurun. Selain itu, selama pandemi Covid-19 EXCL melihat adanya perpindahan pelanggan yang semula  di Jakarta menjadi ke daerah-daerah. Ini menjadi tantangan EXCL ke depan dalam mengambil keputusan berinvestasi. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×