kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45975,16   -1,28   -0.13%
  • EMAS916.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Dana asing membanjiri pasar modal Indonesia, saham-saham ini paling diuntungkan


Kamis, 14 Oktober 2021 / 22:05 WIB
Dana asing membanjiri pasar modal Indonesia, saham-saham ini paling diuntungkan
ILUSTRASI. IHSG. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Arus dana asing kian membanjiri pasar modal Indonesia. Pada perdagangan Kamis (14/10), investor asing mencatatkan beli bersih Rp 1,59 triliun di seluruh pasar. Dalam sepekan, net buy asing sudah sebesar Rp 5,67 triliun.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, derasnya dana asing ke pasar modal Indonesia masih bisa berlanjut. Menurut Hendriko, investor asing masuk pasar domestik sejalan dengan pemulihan ekonomi Indonesia. Hal ini juga disebabkan oleh low-base effect.

“Ini jadi menarik bagi investor asing untuk investasi ke emerging market, terutama yang sudah mulai pulih,” ungkapnya, Kamis (14/10).

Selain itu, ia bilang, dana investor asing juga sudah keluar cukup besar dari tahun 2018, sehingga potensi kembali masuknya dana asing cukup deras. 

Ketiga, krisis energi yang terjadi di China juga mendorong besarnya dana investor asing yang masuk dalam pasar modal Indonesia.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 masih membayangi, waktu yang tepat untuk gelar IPO?

“Ini memberikan potensi bahwa ekonomi China bisa terhambat, dengan demikian ada potensi kita dapat inflow,” tambah Hendriko.

Di tengah derasnya dana asing, Hendriko mengaku, tidak merevisi target Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga akhir tahun ini. Ia memperkirakan IHSG akan berada di level 6.700-6.750 di akhir tahun 2021.

Sentimen yang bisa dapat menghambat pergerakan IHSG adalah jika kasus Covid-19 kembali naik. Sementara itu, sentimen tapering The Fed tidak akan begitu signifikan berdampak pada pergerakan IHSG.

Ia menambahkan, dengan banyaknya arus dana investor asing ini saham-saham blue chip menjadi yang paling diuntungkan. Hendriko memandang saham blue chip masih akan menjadi penggerak IHSG hingga akhir tahun ini.

Dari sektor perbankan, Hendriko menjagokan saham BBNI, BMRI, dan BBTN. Selain karena valuasinya yang masih murah ketimbang saham bank lainnya, kinerja emiten perbankan tersebut juga masih cukup solid. Selanjutnya, ia juga bilang saham-saham seperti ASII dan ICBP juga layak koleksi.

Selanjutnya: IHSG naik 1,36% hari ini, berpotensi menguji level 6.700

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×