kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,75   12,44   1.37%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Berencana Buka Keran Impor dari Australia, Begini Efeknye ke Emiten Batubara


Senin, 09 Januari 2023 / 11:13 WIB
China Berencana Buka Keran Impor dari Australia, Begini Efeknye ke Emiten Batubara
ILUSTRASI. Pasar batubara kembali diwarnai oleh sentimen kemungkinan penghapusan larangan impor China. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar batubara kembali diwarnai oleh sentimen kemungkinan penghapusan larangan impor China. Asal tahu, China telah memberlakukan larangan impor batubara dari Australia sejak Oktober 2020, setelah adanya pernyataan Perdana Menteri Australia terkait penyelidikan asal usul virus Covid-19 pada April 2020.

China saat ini sedang mempertimbangkan untuk melonggarkan larangan impor tersebut seiring dengan mulai membaiknya hubungan antar kedua negara. 

National Development and Reform Commision (NDCR) mengadakan pembicaraan pada 3 Januari 2023 mengenai proposal untuk mengijinkan empat importir utama China, yakni Baowu Steel Group Corp, China Datang Corp, China Huaneng Group Co dan China Energy investment Corp, untuk melanjutkan impor batubara paling cepat pada April 2023.

Baca Juga: Trend Asia Kritik Kebijakan Royalti Nol Persen untuk Hilirisasi Batubara

Australia menyumbang sekitar 27% dari total ekspor batubara global dan 30% dari total impor batubara China pada 2016-2019, sedangkan Indonesia berkontribusi sekitar 43% dari total impor batubara China. Namun sejak diberlakukannya larangan impor batubara dari Australia, porsi impor batubara China dari Indonesia tercatat naik menjadi sekitar 60% di 2021 dan 11 bulan pertama 2022.

Meski ada potensi penurunan permintaan dari China pasca penghapusan larangan impor tersebut, analis Samuel Sekuritas Jonathan Guyadi memperkirakan dampaknya terhadap emiten batubara di dalam cakupan analisisnya tidak akan terlalu besar. Hal ini mengingat porsi ekspor emiten batubara di bawah coverage Samuel Sekuritas ke China sudah cenderung ternormalisasi pada 2022.

Dalam riset tertanggal 6 Januari 2023 tersebut, Jonathan masih mempertahankan proyeksi harga batubara untuk 2023 di level US$ 220 per ton. Dari segi permintaan, Jonathan meyakini bahwa dalam jangka pendek, permintaan batubara dari China masih akan tetap tinggi, mengingat bahwa China tengah menghadapi musim dingin.

Di samping itu, rata-rata stok batubara dan average days of burn di pembangkit listrik (PLTU) utama China tercatat di bawah rata-rata historis sepanjang 2022.

Namun, dalam jangka menengah, Jonathan melihat bahwa potensi peningkatan produksi batubara domestik China akan menekan lonjakan permintaan impor pasca pembukaan kembali China  setelah pandemi.

Baca Juga: Dampak Pelonggaran Impor Batubara Australia di China Terhadap Emiten Batubara RI

Dari segi suplai, Jonathan memperkirakan adanya potensi penurunan produksi batubara akibat panasnya tensi geopolitik dan berlanjutnya fenomena cuaca La Nina. Analisis sensitivitas yang Jonathan lakukan terhadap harga batubara Newcastle menunjukkan bahwa setiap penurunan harga batubara Newcastle sebesar 5% akan mengakibatkan penurunan rata-rata pendapatan dari emiten batubara di bawah coverage Samuel Sekuritas sebesar 4,2% dan rata-rata laba bersih sepanjang 2023 diprediksi sebesar 8,5%.

Sementara itu, analisis sensitivitas yang dilakukan terhadap asumsi  average selling price (ASP) menunjukkan bahwa penurunan ASP sebesar 1% akan mengakibatkan penurunan pendapatan dan laba bersih sebesar masing-masing 1,2% dan 2,4% di 2023 dan 1,2% dan 2,7% di 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×