kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cermati Saham-Saham Pilihan Investor pada 2024 dan Ulasannya


Rabu, 06 Desember 2023 / 05:35 WIB
Cermati Saham-Saham Pilihan Investor pada 2024 dan Ulasannya
ILUSTRASI. Cermati Saham-Saham Pilihan Investor pada 2024 dan Ulasannya


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergantian tahun tinggal menghitung hari, investor mulai menyiapkan saham-saham pilihan baru untuk 2024 terlebih lagi terdapat momen pemilihan umum (pemilu) pada awal bulan di 2024.

Salah satu investor, Kartika Sutandi atau yang akrab disapa Tjoe Ai mengatakan, pilihan saham-sahamnya untuk first half di tahun 2024, masih sangat bergantung dari momen pemilu.

"Kita juga masih mengharapkan dana dari pemilu makannya saya masih tetap pilih konsumer," kata Kartika, Selasa (5/12).

Kartika mengatakan, ia memilih PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) karena memiliki prospek yang bagus. Belum lama ini, HMSP juga telah meluncurkan produk baru bernama IQOS yang menarik hati konsumen.

Baca Juga: Daftar Sektor dan Saham Pilihan Analis Serta Strategi Investasi pada 2024

Sementara itu, menurut Kartika, sektor ritel juga menarik untuk dicermati karena adanya sentimen kenaikan UMP. "Kalau retailer highend kan yang beli barangnya tidak terpengaruh, memang naik cost dikit tapi pembeli tidak terpengaruh," tuturnya.

 

"Kalau ritel, saya suka ERAA, ACES, MAPI, dan MAPA, yang barangnya middle up tapi costnya hanya naik sedikit," jelasnya.

Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia Budi Frensidy mengatakan, ia lebih senang mencermati saham-saham yang memiliki earning per share (EPS) meningkat di tahun ini dan di kuartal I-2024 nanti.

"Akan lebih suka lagi jika saham-saham tersebut royal kasih dividen," kata Budi, Selasa (5/12).

Untuk strategi tahun depan, Budi akan mencermati saham-saham dengan menggunakan berapa rasio untuk menilai valuasi perusahaan. Seperti, dari price to earnings ratio (PER), price to book value (PBV), persentase kenaikan EPS, dividend payout ratio, dan dividend yield.

Baca Juga: Intip Saham Pilihan Investor Tahun 2024 dan Ulasannya

Sementara itu, sejumlah analis mengatakan sektor perbankan akan menarik pada 2024. Seperti Direktur Ekuator Swarna Investama Hans Kwee yang menilai, konsumsi masyarakat akan meningkat di tahun pemilu. Adapun penurunan suku bunga The Fed akan menjadi katalis positif bagi sektor keuangan dan sektor teknologi.

"Saya pikir tahun depan sektor keuangan, konsumer, dan teknologi itu bisa diandalkan. Sektor lainnya seperti sektor properti," kata Hans Kwee kepada Kontan.co.id, Selasa (5/12).

Menurutnya, strategi investasi yang tepat ketika pasar saham Indonesia sedang terkoreksi adalah buy on weakness. Dia bilang, fulktuasi memang tentu masih ada di pasar saham, namun ia memprediksi pasar saham Indonesia akan lebih positif di tahun 2024.

Equity & Economics Analyst KGI Sekuritas Indonesia, Rovandi menyoroti IHSG tahun 2024 akan menguat sejalan dengan sentimen pemilu, BI Rate yang stabil, dan pertumbuhan ekonomi di atas 5%.

Baca Juga: Inilah Portofolio Investasi yang Diprediksi Jadi Incaran Banyak Investor Tahun 2024

"Menurut saya, sektor keuangan yang menarik untuk dicermati tahun depan. Lantaran suku bunga pinjaman yang tinggi kemudian sektor industri dasar dengan pertumbuhan manufaktur yang masih baik di Indonesia," kata Rovandi, Selasa (5/12).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×