kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek Strategi Metrodata Electronics (MTDL) Capai Target Kinerja di Akhir 2023


Selasa, 07 November 2023 / 07:50 WIB
Cek Strategi Metrodata Electronics (MTDL) Capai Target Kinerja di Akhir 2023
ILUSTRASI. Metrodata Electronics (MTDL) optimistis target kinerja di 2023 tercapai


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Digital, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) berupaya mencapai target pertumbuhan bisnis di tahun 2023. Metrodata Electronics menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih sekitar 8%.

Direktur Metrodata Electronics Randy Kartadinata mengatakan, terdapat pertumbuhan yang solid pada segmen Commercial Distribusi dan bisnis Solusi & Konsultasi, maka dari itu sebagian faktor pertumbuhan MTDL tahun ini akan didorong dari segmen Korporasi seiring terus tumbuhnya kebutuhan TIK dari pelaku bisnis.

"Selain itu pada kuartal IV-2023 juga banyak pelanggan yang akan menghabiskan anggaran TIK mereka yang akan meningkatkan permintaan," kata Randy kepada Kontan.co.id, Senin (6/11).

Tentunya pertumbuhan MTDL pun akan terus ditopang oleh dua unit bisnis mereka yang saling melengkapi, yakni antara Distribusi dan Solusi & Konsultasi.

Dalam laporan keuangan Metrodata Electronics, unit bisnis Distribusi MTDL berhasil meningkatkan pangsa pasar dan memperbaiki tingkat persediaan barang, sehingga dapat meningkatkan laba bersih hingga kuartal III-2023.

Baca Juga: Hingga Akhir 2023, Metrodata Electronics (MTDL) Kejar Pertumbuhan Bisnis Sebesar 8%

Kemudian, unit bisnis Solusi dan Konsultasi juga mencatatkan kenaikan laba bersih yaitu 19,8% YoY, dengan nilai pendapatan sebesar Rp 4,4 triliun, naik 22,9% YoY.

Adapun unit bisnis Distribusi membukukan kenaikan laba bersih sebesar 2,3% YoY, dengan pendapatan sebesar Rp 11,4 triliun, terkoreksi 4,0% YoY.

Secara keseluruhan, MTDL telah membukukan laba bersih dalam sembilan bulan pertama 2023 sebesar Rp 402 miliar, naik 8,2% YoY, dengan total pendapatan konsolidasi tercatat stabil di kisaran Rp 15 triliun hingga kuartal III-2023.

Randy bilang, pertumbuhan kinerja itu didorong dari perbaikan permintaan di Distribusi khususnya segmen Consumer quarter on quarter, dan segmen Commercial.

"Strategi kami juga akan terus memberikan layanan solusi komprehensif yang relevan di market, terus menambah portofolio produk sesuai dengan kebutuhan pasar, dan menjadi pemain yang dominan dengan menjaga presensi kami di pasar," tegas dia.

Randy melihat, situasi ekonomi dan politik saat ini membuat mayoritas Metrodata Electronics dan pelaku bisnis sedang dalam situasi wait and see. Namun, hal itu tak menjadi penghalang Metrodata Electronics untuk optimis di tahun 2024 yang akan lebih baik dibandingkan tahun 2023.

 

"Kami menetapkan target 10% pertumbuhan untuk pendapatan dan laba bersih tahun 2024," lanjut Randy.

Sebagai tambahan, MTDL telah menganggarkan belanja modal sebesar Rp 450 miliar. Mayoritas digunakan untuk pembelian produk IT yang akan disewakan ke segmen Oil & Gas, sedangkan sisanya untuk upgrade IT internal Metrodata Electronics serta pembangunan gudang.

"Hingga September, budget yang sudah terealisasi kurang lebih sebesar 65%," pungkas Randy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×