kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45959,77   0,82   0.09%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Catat Kinerja Positif, Begini Prospek Astra International (ASII) Sampai Akhir Tahun


Senin, 31 Oktober 2022 / 20:16 WIB
Catat Kinerja Positif, Begini Prospek Astra International (ASII) Sampai Akhir Tahun
Logo PT Astra International Tbk ASII di puncak gedung Menara Astra, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Catat Kinerja Positif, Begini Prospek Astra International (ASII) Sampai Akhir Tahun.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan kinerja apik hingga kuartal III 2022. Laba bersih perseroan melesat 55,84% menjadi Rp 23,33 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 14,97 triliun.

Pertumbuhan laba bersih seiring kenaikan pendapatan menjadi Rp 221,35 triliun. Realisasi itu tumbuh 32,22% dibandingkan kuartal III 2021 sebesar Rp 167,4 triliun.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji menilai, pertumbuhan kinerja ASII didorong dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu juga didorong dari peningkatan harga komoditas sepanjang tahun ini.

Ia pun memperkirakan, kinerja ASII akan melanjutkan momentum positifnya hingga akhir tahun nanti. Nafan mengatakan, jika melihat kinerja inflasi inti Indonesia seharusnya tingkat inflasi masih bisa dikendalikan.

Baca Juga: Laba Astra International (ASII) Melesat 55,84% Jadi Rp 23,33 Triliun di Kuartal III

"Inflasi inti Indonesia semestinya masih bisa dikendalikan dengan range antara 2%-4% hingga paruh pertama 2023 sehingga untuk kinerja ASII sampai akhir tahun 2022 masih bisa berjalan dengan progresif," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (31/10).

Nafan memperkirakan, divisi yang akan menjadi penopang kinerja ASII sampai akhir tahun dari alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi. Apalagi permintaan pada sektor komoditas, khususnya batubara diperkirakan akan meningkat dengan masuknya musim dingin.

Selain itu juga dari divisi otomotif. "Sebab, banyak dealer yang membuat program penjualan menarik dengan tujuan untuk menghabiskan stok di penghujung tahun," lanjutnya.

Baca Juga: Astra Financial Hadirkan Kegiatan Edukasi Keuangan Pada FinExpo 2022

Dari kinerja sahamnya, secara teknikal ASII mencoba menembus di atas garis tren turun karena indikator teknis menandakan sinyal stochastic dan RSI positif. 

Menurutnya, apabila berhasil breakout dari down trenline maka terdapat beberapa target harga yang seharusnya dapat tercapai secara bertahap, yakni Rp 6.700, Rp 6.850, dan Rp 6.950.

"Rekomendasi yang saya berikan adalah akumulasi," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×