kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45966,88   -21,07   -2.13%
  • EMAS958.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.46%
  • RD.CAMPURAN -0.55%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Bursa Jepang jatuh, catatkan penurunan terburuk dalam 3 bulan


Jumat, 30 Oktober 2020 / 13:58 WIB
Bursa Jepang jatuh, catatkan penurunan terburuk dalam 3 bulan
ILUSTRASI. Tokyo Stock Exchange


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bursa saham Jepang membukukan penurunan mingguan terburuk dalam tiga pekan pada perdagangan Jumat (30/10). Tertekan oleh meningkatnya kasus virus corona dan ketidakpastian pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Indeks Nikkei 225 berakhir turun 1,52% menjadi 22.977,13. Indeks turun 2,3% seminggu ini, kerugian mingguan terbesar sejak 31 Juli.

Indeks Topix ditutup 1,96% lebih rendah pada 1.579,33 dan turun 2,83% untuk seminggu ini.

Lonjakan kasus virus corona di Eropa dan AS telah mengguncang kepercayaan investor pekan ini. Prancis dan Jerman memulihkan kembali penguncian - kebijakan yang telah menimbulkan kekhawatiran atas pemulihan ekonomi global.

Meningkatnya risiko hasil yang tidak meyakinkan untuk pemilu AS pada 3 November dan penurunan tajam di saham berjangka AS selama sesi Asia juga mendorong investor untuk mengurangi posisi buy, kata para analis.

Baca Juga: Bursa Australia catatkan pekan terburuknya sejak April

"Penurunan di masa depan AS adalah tanda bahwa sudah waktunya untuk mengambil keuntungan sebelum pemilu," kata Kiyoshi Ishigane, fund manager di Mitsubishi UFJ Kokusai Asset Management Co.

"Tapi saya tidak terlalu khawatir karena ada beberapa pendapatan perusahaan Jepang yang bagus di luar sana."

Memimpin kerugian di indeks Nikkei, saham Kyocera Corp turun 9,95%, diikuti Oki Electric Industry Co Ltd kehilangan 7,03%, dan perusahaan perdagangan Mitsui & Co Ltd turun 6,32%. Semua perusahaan membukukan pendapatan yang mengecewakan.

Sebaliknya, persentase keuntungan terbesar adalah perusahaan yang melaporkan laba positif. Saham Advantest Corp naik 9,24%, diikuti Seiko Epson Corp naik 6,83%, dan Panasonic Corp naik 4,94%.

Panasonic mendapat dorongan lagi setelah mengatakan akan mengembangkan baterai baru untuk pembuat mobil elektronik Tesla Inc.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×