kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Bursa Asia rebound dari level terendah 4 pekan dan dollar AS melemah


Selasa, 22 Juni 2021 / 10:29 WIB
Bursa Asia rebound dari level terendah 4 pekan dan dollar AS melemah
ILUSTRASI. Bursa Asia, Nikkei

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham global reli pada perdagangan Selasa (22/6). Pasar Asia rebound dari posisi terendah empat pekan karena fokus investor pada pertumbuhan ekonomi mengimbangi kekhawatiran tentang kenaikan jangka pendek suku bunga Amerika Serikat (AS).

Momentum awal di kawasan ini didukung oleh reli di Wall Street, dengan Dow mencatatkan sesi terkuatnya dalam lebih dari tiga bulan.

Melansir Reutes, Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,35%, bergerak di atas posisi terendah empat minggu pada Senin dan mencatat kenaikan 4% sepanjang tahun ini.

Saham Jepang memimpin, dengan Nikkei naik 2,1%. Saham Korea Selatan naik 0,4%, Australia naik 1,2% dan saham China naik 0,6%

Baca Juga: IHSG dibuka naik, berikut rekomendasi saham untuk perdagangan Selasa (22/6)

Sebelumnya, pergeseran hawkish mengejutkan minggu lalu oleh Federal Reserve AS mengirim pasar saham global tergelincir karena para pedagang mengedepankan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga.

Poros The Fed untuk memulai diskusi normalisasi kebijakan didorong oleh inflasi yang meningkat pesat, sebuah dinamika yang membuat pasar keuangan tetap tegang dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami melihat pertemuan itu sebagai langkah awal dari pergeseran retorika Fed karena bank sentral terus mengejar pertumbuhan yang lebih kuat dari yang diharapkan dan indikator inflasi, dan perkiraan inflasi Fed tetap jauh di bawah proyeksi kami," kata analis JPMorgan dalam sebuah catatan. .

Pada hari Senin, pejabat The Fed termasuk sebagai Gubernur Fed St. Louis James Bullard dan Gubernur Fed Dallas Robert Kaplan mengurangi retorika hawkish mereka.

Semalam, Wall Street dipimpin lebih tinggi oleh saham bank dan perusahaan energi. Dow Jones Industrial Average naik 1,76%, S&P 500 naik 1,40% dan Nasdaq Composite bertambah 0,79%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×