kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia Melemah, Yen dan Yuan Mendekati Level Terendah Dalam 8 Bulan


Kamis, 29 Juni 2023 / 11:18 WIB
Bursa Asia Melemah, Yen dan Yuan Mendekati Level Terendah Dalam 8 Bulan
ILUSTRASI. Bursa Asia Melemah, Yen dan Yuan Mendekati Level Terendah Dalam 8 Bulan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SYDNEY. Bursa saham Asia melemah pada hari Kamis setelah bank sentral global menegaskan kembali tekad mereka untuk melawan inflasi. Sementara itu, mata uang Yen dan Yuan berjuang bangkit dari posisi terendah di tengah kekhawatiran intervensi.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang bergerak datar, sementara pasar di Singapura, India dan Malaysia tutup untuk liburan. Blue chips China turun 0,3% dan indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,7%. 

Nikkei Jepang naik 1% dan menuju kenaikan bulanan sebesar 8,5% dan lompatan triwulanan sebesar 19%.

Sementara Yuan mendekati level terendah dalam delapan bulan di 7,24 per dolar pada hari Kamis, setelah bank sentral menetapkan pedoman harian pada level terlemah sejak November.

Baca Juga: Nasdaq Berakhir Menguat, Powell Isyaratkan Lebih Banyak Kenaikan Suku Bunga

Semalam, saham AS ditutup beragam. Nasdaq berhasil mendapatkan keuntungan kecil dengan dukungan dari saham teknologi, dengan Apple mencatat rekor penutupan tertinggi, sedangkan Dow ditutup sedikit lebih rendah.

Saham Micron Technology naik 3% setelah bel. Perkiraan hasil kuartal ketiga perusahaan mengalahkan perkiraan, didukung oleh permintaan dari kecerdasan buatan yang sedang booming dan berkurangnya pasokan.

Pada forum Bank Sentral Eropa pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga lebih lanjut dan tidak mengesampingkan kenaikan untuk bulan Juli. Khususnya, dia mengatakan dia tidak melihat inflasi mereda ke target 2% hingga 2025.

"Pesan itu secara luas merupakan kelanjutan dari pandangan yang ditandai dalam komentar sebelumnya dan reaksi pasar relatif sederhana," kata Stephen Wu, seorang ekonom di Commonwealth Bank of Australia.

Baca Juga: Tunggu Data Inflasi AS, Berikut Prediksi Harga Bitcoin di Bulan Juli 2023

Memang, imbal hasil Treasury dua tahun ditutup pada 4,722% setelah sempat melonjak menjadi 4,778%, karena pasar obligasi terus meragukan hawkishness Fed dari dua kenaikan lagi. Mereka sedikit berubah pada hari Kamis.

Futures melihat sekitar 80% peluang Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Juli, sebelum mempertahankan suku bunga stabil untuk sisa tahun ini.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, di sisi lain, memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga zona euro yang kesembilan berturut-turut pada bulan Juli. Pasar telah memperhitungkan dua kenaikan suku bunga lagi dari ECB tahun ini.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×