kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bursa Asia kompak melemah mendekati KTT G20


Rabu, 26 Juni 2019 / 08:49 WIB
Bursa Asia kompak melemah mendekati KTT G20

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Asia kompak melemah pada Rabu (26/6). Pukul 8.38 WIB, indeks Nikkei 225 turun 0,50% ke 21.088. Indeks Hang Seng turun 0,33$ ke 28.094.

Indeks Taiex melemah 0,49% ke 10.658. Indeks Straits Times menguat 0,14%. Sedangkan Kospi melemah 0,02% ke 2.121.


Koreksi bursa saham Asia ini terjadi akibat penguatan nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) setelah muncul pernyataan Federal Reserve yang mengatakan bahwa penurunan suku bunga tidak akan agresif hingga tutup tahun ini.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral kebal dari tekanan politik jangka pendek. Pernyataan ini meluncur sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa The Fed tidak tahu apa yang dilakukan. Dalam cuitannya, Trump menambahkan bahwa bank sentral terlalu cepat menaikkan suku bunga dan gagal karena inflasi rendah dan perlambatan pertumbuhan global.

"Meski komentar Powell tidak mengubah ekspektasi bahwa The Fed cepat atau lambat akan melonggarkan kebijakan, efeknya negatif bagi pasar saham," kata Masahiro Ichikawa, senior strategist Sumitomo Mitsui DS Asset Management kepada Reuters.

Ichikawa menambahkan bahwa fokus pasar berada di konferensi tingkat tinggi G20. "Ekspektasi pasar akan adanya penyelesaian negosiasi dagang saat ini cukup rendah, sehingga apapun tanda perbaikan akan positif bagi sentimen risiko," kata dia.




TERBARU

Close [X]
×