kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bumi Resources Minerals (BRMS) siapkan US$ 123 juta untuk ekspansi hingga 2024


Minggu, 12 Desember 2021 / 14:21 WIB
Bumi Resources Minerals (BRMS) siapkan US$ 123 juta untuk ekspansi hingga 2024
ILUSTRASI. Bumi Resources Minerals (BRMS) siapkan US$ 123 juta untuk ekspansi hingga 2024


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) serius menggarap portofolio bisnis tambang mineralnya di Palu dan Gorontalo. Keseriusan ini tercermin dari belanja modal atawa capital expenditure (capex) jangka panjang yang telah disiapkan.

Perusahaan milik Grup Bakrie tersebut menyiapkan capex US$ 123 juta atau setara Rp 1,76 triliun hingga 2024.

"Capex akan kami fokuskan untuk membangun pabrik kedua dan ketiga baik di Palu," ujar Direktur & Investor Relations BRMS Herwin Hidayat kepada KONTAN belum lama ini.

Secara rinci, BRMS bakal membangun pabrik pengolahan bijih emas di Palu dengan kapasitas 4.000 ton per hari.

Baca Juga: BUMI raih penghargaan A+ laporan berkelanjutan terbaik dari UNDP dan FIHRRST

Perusahaan membutuhkan investasi US$ 48 juta untuk pembangunan pabrik ini. Pembangunan telah dilakukan sejak pertengahan tahun lalu dan ditargetkan rampung Maret Tahun depan.

BRMS juga mengalokasikan jumlah yang sama seperti pabrik kedua untuk pembangunan pabrik ketiga di Palu. Pabrik ini memiliki kapasitas yang sama, 4.000 ton per hari.

Alokasi capex sebesar US$ 23 juta akan diperuntukan untuk pengeboran empat prospek emas demi menambah cadangan 20 juta ton bijih emas di Palu. Sisa dana sebesar US$ 5 juta akan dialokasikan untuk pengeboran prospek emas di Gorontalo.

Menyoal sumber dana, BRMS mengkombinasikan pinjaman dan dana hasil rights issue April kemarin senilai Rp 1,6 triliun. Namun, BRMS belum berhenti mencari pendanaan segar untuk menopang ekspansinya.

Baca Juga: Produksi Emas Menanjak, Kinerja Keuangan BRMS Tahun 2022 Bakal Mentereng

Perusahaan berencana kembali menggelar rights issue tahap kedua. BRMS bakal melepas 23,7 miliar saham di harga Rp 70 per saham. Artinya, BRMS berpotensi meraup dana segar Rp 1,6 triliun.

Sudah ada dua pembeli siaga atawa standby buyer dalam rights issue tersebut, yakni Summer Ace Ventures dan HArtman International Pte. Ltd. Rights issue bertajuk penawaran umum terbatas (PUT) II ini ditargetkan rampung kuartal pertama tahun depan.




TERBARU

[X]
×