kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bumi Plc akan kembalikan Bumi Resources


Kamis, 13 Desember 2012 / 11:48 WIB
Bumi Plc akan kembalikan Bumi Resources
ILUSTRASI. 5 Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Rekomendasi Produk Skincare Ini


Reporter: Agustinus Beo Da Costa | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Skor 1-0 bagi Grup Bakrie melawan Nathaniel Rothschild. Rapat Dewan Direksi Bumi Plc, Rabu (12/12), menyetujui sebagian permintaan Grup Bakrie keluar dari Bumi Plc dan menolak proposal Rothschild.

Bumi Plc akan menerima tawaran tukar guling 23,8% saham Bumi Plc dengan 10,3% saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Selain itu, Bumi Plc setuju menjual saham BUMI miliknya kepada Grup Bakrie.

Namun, Bumi Plc menolak menjual saham PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU). Lewat proposalnya, Grup Bakrie memang mengajukan penawaran untuk membeli saham BRAU milik Bumi Plc.

Dalam kesempatan yang sama, Bumi Plc juga mengumumkan pemintaan pengunduran diri Nalinkant Rathod dari jabatannya sebagai chief executive director (CEO) Bumi Plc per 31 Desember 2012. Nalinkant akan menduduki posisi barunya sebagai non independent-non executive directors (non independent NEDs) Bumi Plc. Posisi CEO Bumi Plc akan dipegang Nick von Schirnding yang sebelumnya menjabat Juru Bicara Bumi Plc.

Pengumuman Bumi Plc, tadi malamĀ  juga menyatakan sudah mendapat laporan final dari hasil penyelidikan yang dilakukan Macfarlanes LLP terhadap dugaan irregularities yang dilakukan oleh PT Bumi Resources Tbk. Mereka kini sedang mengkaji aspek hukum dan ekonomi hasil penyelidikan, dan akan berkonsultasi dengan regulator pasar modal.

Dewan Direksi Bumi Plc juga mencatat keberatan Grup Bakrie bahwa telah terjadi tindakan ilegal untuk mendapatkan informasi penting melalui cara membobol (hacking) surat elektronik sejumlah pihak.

Manajemen Bumi Plc juga menyatakan sudah menerima penegasan dari manajemen PT Borneo Lumbung Energi Tbk dan PT Bukit Mutiara terkait kelanjutannya di Bumi Plc. Baik Borneo dan Bukit Mutiara yang memiliki masing-masing 23,8% dan 9,8% saham Bumi Plc, menegaskan tidak akan melepas kepemilikannya, seperti usulan NR Investment kepada Bumi Plc.

Christopher Fong, Juru Bicara Grup Bakrie mengaku sedang menyiapkan pernyataan resmi untuk menanggapi hasil rapat tersebut. Sedangkan Jane Prestage, Asisten Nick von Schirnding menyatakan para pemegang saham menolak proposal dari pihak Nathaniel.

Juru bicara Nat, Ian Middleton belum bisa berkomentar soal hasil rapat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×