kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

BNP Paribas AM menyambut rencana pembobotan free float pada indeks Sri-Kehati


Selasa, 08 Juni 2021 / 21:18 WIB
BNP Paribas AM menyambut rencana pembobotan free float pada indeks Sri-Kehati
ILUSTRASI. BNP Paribas juga akan melakukan penyesuaian sesuai dengan ketentuan OJK untuk reksadana indeks.

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menyeragamkan metode penghitungan indeks saham berdasarkan jumlah saham publik yang beredar alias free float. Melalui metode tersebut, diharapkan perdagangan saham dapat berjalan dengan lebih wajar dan efisien. 

Sejauh ini, baru ada sembilan indeks yang sudah menggunakan metodologi free float. Sementara 29 indeks lainnya masih menggunakan metode rata-rata tertimbang atas kapitalisasi pasar alias market capitalization weighting. Metode lama ini memperhitungkan seluruh saham tercatat sebagai pembobotan.

Pada 1 Juli mendatang, indeks SRI-KEHATI merupakan salah satu indeks yang akan melakukan penyesuaian tahap I untuk menggunakan metode free float. Indeks yang satu ini, terbilang cukup banyak digunakan sebagai acuan reksadana indeks maupun reksadana ETF. 

Tak pelak, para manajer investasi (MI) yang memiliki produk reksadana berbasis SRI-KEHATI bersiap melakukan rebalancing. Salah satunya adalah BNP Paribas Asset Management yang memiliki produk reksadana BNP Paribas Sri Kehati.

Baca Juga: IHSG kembali ke bawah level 6.000, begini proyeksi untuk Rabu (9/6)

Direktur BNP Paribas AM Djumala Sutedja menjelaskan, pihaknya menyambut positif penyesuaian pembobotan tersebut karena bertujuan meningkatkan kualitas pasar saham Indonesia di mata dunia.

Terkait dengan penerapan penyesuaian tersebut ke produk reksadana BNP Paribas Sri Kehati, Djumala mengaku pihaknya juga akan melakukan penyesuaian sesuai dengan ketentuan OJK untuk reksadana indeks, dan menyesuaikannya dengan timeline yang telah ditetapkan oleh pihak BEI.

Dia menjelaskan, dalam penyesuaian porsi bobot per saham dibatasi menjadi max 15%, maka bobot di saham-saham lainnya secara pro-rata akan disesuaikan. Sehingga beberapa saham bobotnya akan menjadi naik. 

“Hal tersebut akan membuat portfolio menjadi lebih well diversified dibandingkan sebelumnya. Karena tingkat konsentrasi di saham-saham tertentu menjadi lebih berkurang, sehingga diharapkan kinerja indeks juga menjadi lebih stabil (less volatile),” kata Djumala kepada Kontan.co.id, Selasa (8/6).

Baca Juga: Bobot indeks Sri-Kehati berdasarkan free float lebih mencerminkan likuiditas

Lebih lanjut, Djumala menyebut, merujuk data per 7 Juni 2021, di dalam indeks SRI Kehati, bobot saham yang melebihi 15% adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) di 26% dan PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) di 17%. Dengan pembatasan 15% per saham, maka dari kedua saham ini diperkirakan akan terdapat penyesuaian sebesar 13% untuk dialokasikan ke saham-saham lainnya dalam index. 

Selain itu, masih akan terdapat penyesuaian atas saham-saham lainnya untuk penyesuaian free float. Dalam hal ini, Djumala menyebut pihaknya akan cenderung menunggu hasil perhitungan terakhir dari BEI sebelum melakukan penyesuaian lebih lanjut terhadap portofolio.

Dengan adanya rebalancing tersebut, dia melihat hasilnya akan akan sangat bergantung pada harga pasar pada tanggal efektif terjadinya perubahan indeks, dam seberapa perubahan yang terjadi dalam indeks tersebut. 

“Tetapi kami percaya karena saham-saham tersebut merupakan pilihan BEI dan Yayasan Kehati, di mana fokusnya adalah pada perusahaan-perusahaan yang memenuhi kriteria SRI (Sustainable and Responsible Investment). Kami percaya indeks SRI Kehati dapat membantu investor dalam mendapatkan kinerja jangka panjang yang lebih sustainable,” pungkas Djumala. 

Baca Juga: Pembobotan free float pada indeks Sri-Kehati dinilai berdampak positif

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×