kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berpusat di Kalimantan Timur, Ini Fasilitas Penunjang Bisnis Transkon Jaya (TRJA)


Kamis, 30 Juni 2022 / 06:30 WIB
Berpusat di Kalimantan Timur, Ini Fasilitas Penunjang Bisnis Transkon Jaya (TRJA)


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BALIKPAPAN. Emiten yang bergerak di bidang usaha sewa kendaraan ringan untuk pertambangan PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) memiliki sejumlah fasilitas untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Kontan.co.id berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas-fasilitas tersebut yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu (29/6).

Fasilitas tersebut terdiri dari mining preparation, pusat service, dan area disposal. Mining preparation berada di lokasi yang sama dengan Good Corporate Governance (GCG) Office Transkon Jaya yang berada di Jalan Mulawarman No.9, Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sementara itu, pusat service berada di komplek yang sama dengan kantor pusat Transkon Jaya, yakni di Jalan Mulawarman Kompleks Hidup Baru No.21 RT 23, Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Untuk area disposal, lokasinya berbeda lagi, tetapi masih berada di ruas jalan yang sama.

Baca Juga: Transkon Jaya (TRJA) Kantongi Kontrak Baru Lebih Dari Rp 300 Miliar di Semester I

Sebagai informasi, klien Transkon Jaya tersebar di sebagian besar Kalimantan serta sebagian Sulawesi, Sumatra, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Barat. Perusahaan yang menyewa kendaraan ringan khusus tambang di Transkon Jaya didominasi oleh kontraktor pertambangan batubara, sedangkan sisanya merupakan kontraktor nikel, emas, mineral, serta infrastruktur.

1. Mining preparation

Head of Corporate Communication and Relation PT Transkon Jaya Tbk Geraldine Laurie Manuella Simanjuntak mengatakan, fasilitas ini digunakan untuk melengkapi unit kendaraan baru dengan aksesoris yang sesuai standard keamanan kendaraan ringan untuk pertambangan. Mulai dari penggantian ban yang cocok untuk kontur site pertambangan, pemasangan bumper, pengecatan, hingga penambahan aksesoris lainnya.

"Perputaran di mining preparation bisa 30-50 unit per hari untuk diperlengkapi aksesoris keamanannya dengan daya tampung lahan hingga 100 unit," kata Geraldine di Balikapapan, Rabu (29/6).

Sebagai gambaran, Transkon Jaya menyediakan berbagai jenis kendaraan yang dapat dimodifikasi sesuai permintaan pelanggan. Transkon Jaya menyediakan light vehicle (LV) 4x4, LV 4x2, service unit, explosive box unit, heavy duty tray, dropside tray unit, pump crew, manhaul unit, towing unit, safety/patrol unit, light bus/light truck, rescue unit, dan ambulance.

2. Pusat service

Fasilitas ini digunakan untuk merawat dan memperbaiki kendaraan yang rusak. Sebenarnya, Transkon Jaya memiliki mekanik yang bertugas di setiap site-site pertambangan kliennya.

Akan tetapi, saat kendaraan yang rusak tersebut tidak bisa diperbaiki di kawasan site, maka kendaraan dibawa ke Balikpapan untuk ditangani di fasilitas pusat service. 

Di lokasi ini, ada juga gudang penyimpanan berbagai suku cadang dan aksesoris kendaraan yang dibutukan untuk melengkapi atau memperbaiki unit-unit kendaraan Transkon Jaya.

3. Area disposal

Fasilitas ini digunakan untuk menampung kendaraan-kendaraan bekas yang akan dipoles untuk dilelang. Hal ini seiring dengan adanya peremajaan unit yang Transkon Jaya lakukan setiap tiga tahun sekali.

Baca Juga: Masuk Bisnis Baru, Transkon Jaya (TRJA) Berharap Bisa Kerek Kinerja

Geraldine menjelaskan, saat ini kendaraan bekas Transkon Jaya sudah semakin banyak dan pangsa pasar pembelinya semakin besar. 

"Jadi, kami sediakan lahan parkir yang cukup untuk menampung kendaraan-kendaraan bekas supaya turn over kendaraan tersebut lebih cepat terjualnya dan mendapat pembeli," tutur Geraldine.

Sejauh ini, fasilitas tersebut masih dalam tahap renovasi, terutama pada area yang akan dijadikan sebagai tempat pemolesan kendaraan. Hanya ada beberapa kendaraan bekas yang terparkir di area luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×