kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Berbekal modal Rp 30 Juta, Eko Desriyanto sukses bangun IDeA Indonesia (IDEA)


Rabu, 15 September 2021 / 20:21 WIB
Berbekal modal Rp 30 Juta, Eko Desriyanto sukses bangun IDeA Indonesia (IDEA)
Direktur Utama PT Idea Indonesia Akademi Tbk Eko Desriyanto (kiri) saat pencatatan perdana saham IDEA pada Bursa Efek Indonesia.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Eko Desriyanto sukses mengembangkan PT IDeA Indonesia Akademi. Berawal dari modal Rp 30 juta hasil pinjaman dari teman, dirinya sukses membesarkan perusahaannya hingga melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

PT IDeA Indonesia Akademi Tbk resmi tercatat di BEI pada 9 September 2021 dengan kode emiten IDEA. Dengan menawarkan saham 212.487.500 lembar di harga Rp 140, perusahaan meraup dana segar Rp 29,74 miliar.

Tidak mudah bagi Eko untuk sampai ke titik ini. Ia merintis bisnis Idea Indonesia di Lampung setelah pernah ditipu mitranya sendiri. Perusahaan ini dia rintis dari sebuah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) kecil pada 2009.

“IDeA Indonesia saya dirikan untuk mewujudkan gagasan pendidikan vokasi ideal bagi Indonesia, yang tidak hanya mendidik dan melatih, tapi juga membantu penyaluran kerja,” kata Eko dalam keterangannya pada Kontan.co.id, Rabu (15/9).

Baca Juga: Usai IPO, begini agenda ekspansi IDeA Indonesia Akademi (IDEA)

Saat awal merintis, lulusan Sarjana Hukum Perdata Islam UIN Yogyakarta ini nyaris tidak memiliki modal. Bahkan untuk gedung, dia menempati bangunan tua bekas sekolah yang sudah tidak beroperasi.

Modal pertama uang sebesar Rp 30 juta yang Eko dapatkan dari pinjaman seorang teman. Sedangkan untuk tenaga pendidik, dia dibantu beberapa teman dan praktisi industri yang mengajar secara paruh waktu di IDeA Indonesia.

Kegiatan rekrutmen calon siswa dilakukan secara door to door ke sekolah-sekolah. Hasilnya selama 9 bulan sosialisasi, hanya 14 siswa yang berhasil direkrut menjadi peserta pelatihan.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×