kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45871,65   8,37   0.97%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI Suspensi Saham SAPX, HELI dan SOLA pada Perdagangan Hari Ini (3/6)


Senin, 03 Juni 2024 / 08:37 WIB
BEI Suspensi Saham SAPX, HELI dan SOLA pada Perdagangan Hari Ini (3/6)
ILUSTRASI. BEI melakukan suspensi saham SAPX, HELI, SOLA untuk perdagangan hari ini


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara (suspensi) pada tiga saham, yakni PT Satria Antaran Prima Tbk (SAPX), PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) dan PT Xolare RCR Energy Tbk (SOLA).

BEI menghentikan sementara perdagangan ketiga saham tersebut di pasar reguler dan pasar tunai mulai sesi I perdagangan Senin, 3 Juni 2024. Suspensi akan dilakukan sampai dengan Pengumuman Bursa lebih lanjut.

Suspensi ini diinformasikan pada pengumuman BEI tertanggal 31 Mei 2024 yang ditandatangani oleh Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Yulianto Aji Sadono dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan Pande Made Kusuma Ari A.

Sebagai informasi, SAPX mengalami suspensi sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan. BEI pun merasa perlu untuk melakukan cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi investor.

Baca Juga: Intip Strategi Investasi di Saham Blue Chip Saat IHSG & LQ45 Kompak Rontok

"Dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham SAPX," ungkap pengumuman BEI tersebut.

Berbeda dari SAPX, suspensi yang dikenakan terhadap saham HELI dan SOLA terjadi karena keduanya mengalami penurunan harga kumulatif yang signifikan. Sekadar mengingatkan, beberapa hari sebelumnya HELI dan SOLA juga sudah terkena suspensi.

Saham HELI disuspensi pada perdagangan 30 Mei 2024 dan dibuka kembali pada 31 Mei 2024. Sedangkan saham SOLA sebelumnya disuspensi pada 27 Mei 2024 dan dibuka kembali pada 28 Mei 2024.

Adapun, harga saham HELI sedang terjun bebas usai sempat terbang ke level Rp 730. Namun saham HELI menutup bulan Mei pada level harga Rp 169. Sedangkan SOLA kini berada di level harga gocap, Rp 50 per saham.

Baca Juga: Bursa Asia Kompak Menguat di Pagi Ini (3/6), Pasar Menanti Data Manufaktur

Sementara itu, saham SAPX melejit di bulan Mei. Pada perdagangan Jum'at (31/5) harga SAPX melonjak 24,32% ke level Rp 1.610 per saham. Dalam sebulan, harga SAPX mengakumulasi penguatan 130% atau 35,29% secara year to date.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×