kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,92   2,74   0.32%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Begini dampak pandemi corona terhadap kinerja Bintraco Dharma (CARS)


Selasa, 02 Juni 2020 / 15:19 WIB
Begini dampak pandemi corona terhadap kinerja Bintraco Dharma (CARS)
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Bintraco Dharma Tbk Sebastianus Harno Budi (tengah) berbincang dengan direksi sebelum memberikan paparan kinerja di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Jumat (15/11). PT Bintraco Dharma Tbk pada sembilan bulan pertama yang berakhit pada 30 Sep

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak di bidang otomotif mulai merasakan dampak pandemi Corona (Covid-19). Salah satunya seperti yang dialami oleh PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS).

Yosef, Investor Relations Bintraco Dharma mengatakan CARS masih mampu membukukan penjualan mobil sebanyak 5.428 unit hingga April 2020. Meski demikian, realisasi ini 32% lebih rendah dibandingkan pencapaian pada periode yang sama di tahun 2019.

Baca Juga: Pendapatan turun, laba bersih Bumi Resources Minerals (BRMS) terangkat laba kurs

Yosef melanjutkan, penurunan terjadi merata di semua segmen kendaraan termasuk segmen favorit untuk jenis Low Cost Green Car (LCGC) dan Low & Medium Multi Purpose Vehicle (MPV) yang keduanya memberi kontribusi hingga 70% dari total penjualan.

“Perusahaan belum dapat memperkirakan seberapa besar pengaruh pandemi ini berlanjut. Namun, mengacu pada data Gaikindo yang merevisi target penjualan tahun 2020 menjadi 600 ribu unit maka ada potensi penurunan market hingga 42% dari target semula,” terang Yosef kepada Kontan.co.id, Selasa (2/6).

Yosef mengatakan, saat ini CARS masih meninjau alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) dengan menyesuaikan perkembangan kondisi ekonomi di masa pandemi seperti saat ini. Sebagai gambaran, CARS awalnya mengalokasikan belanja modal hingga Rp 150 miliar.

Yosef bilang, sejak pandemi Covid-19 pertama kali terdeteksi di awal bulan Maret 2020, Bintraco Dharma Group menjalankan beberapa inisiatif untuk melakukan efisiensi terhadap beban operasional. CARS juga memperkuat penetrasi digital melalui aplikasi nasmoco-carsworld-andalanku, serta melalui situs dan sosial media perusahaan.

Baca Juga: Penjualan online Matahari Putra Prima (MPPA) baru berkontribusi di bawah 5%

“Secara umum operasional Bintraco Group masih berjalan normal mengikuti kebijakan pemerintah daerah termasuk 24 gerai diler Nasmoco Toyota yang seluruhnya berlokasi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” sambung Yosef.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×