kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bappebti bidik transaksi SPA sebesar 11 juta lot


Rabu, 21 Februari 2018 / 18:00 WIB
Bappebti bidik transaksi SPA sebesar 11 juta lot
ILUSTRASI. Bursa Berjangka

Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti) optimistis pembukaan pembatasan perizinan Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) yang baru saja dilakukan, akan bisa meningkatkan jumlah transaksi. Dengan sistem yang lebih terbuka, jumlah transaksi SPA ditargetkan bisa menembus 11 juta lot pada tahun depan.

“Kalau sekarang transaksinya baru 7 juta lot setahun, kemungkinan tahun depan bisa nambah 3-4 juta lot lagi,” ungkap Bachrul Chairi, Kepala Bappebti kepada Kontan.co.id, Rabu (21/2).


Menurutnya, dari semua transaksi komoditas yang ada, saat ini transaksi SPA baru mencapai 30%. Sisanya sekitar 70% masih merupakan campuran antara transaksi multilateral dan transaksi ilegal.

Bachrul meyakini, dengan lingkungan yang lebih kondusif maka jumlah investor yang masuk ke SPA akan terus meningkat. “Dengan sistem pengawasan tunggal investor juga bisa melakukan pengawasan langsung,” imbuhnya.

Asal tahu saja, keputusan pencabutan moratorium perisinan SPA itu tertuang dalam Surat Edaran NO. 55/BAPPEBTI/SE/02/2018. Dalam SE itu disebutkan, Bappebti bisa menerbitkan perizinan baru di bidang SPA yang mencakup persetujuan sebagai peserta dan sebagai penyelenggara secara bertahap dan terbatas.
 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×