kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak cobaan, ICDX tunda penerbitan transaksi berjangka timah


Kamis, 07 November 2019 / 07:30 WIB
Banyak cobaan, ICDX tunda penerbitan transaksi berjangka timah


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX) resmi menunda rencana penerbitan bursa berjangka timah. Langkah tersebut terpaksa diambil lantaran banyaknya tantangan yang masih dihadapi, termasuk angka permintaan yang masih lesu. 

Sekedar mengingatkan, awal Maret 2019 Presiden Direktur PT ICDX Logistik Berikat Petrus Tjandra mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya berencana untuk memperdagangkan timah dalam kontrak futures atau berjangka. Estimasinya kala itu sekitar tiga bulan atau sekitar Juni 2019 paling cepat. 

Baca Juga: Jadi jawara indeks sektoral sepekan, begini rekomendasi saham perkebunan

Sayangnya, sampai saat ini kontrak berjangka timah masih belum hadir juga di bursa Tanah Air. Pengembangan Produk Research & Development ICDX Yoga mengatakan bahwa untuk sementara rencana ICDX untuk meluncurkan transaksi berjangka ditunda.

"Secara resmi ditunda dulu, padahal banyak pembeli yang menyatakan tertarik kalau timah sampai ditransaksikan lewat futures,"  kata Yoga saat ditemui di kantor ICDX Jakarta, Selasa (5/11). 

Adapun pengganjal ICDX untuk menerbitkan timah futures, karena kondisi Pusat Logistik Berikat (PLB) yang kurang likuid. Sejatinya, untuk bisa menerbitkan futures, perusahaan perlu memiliki simpanan timah yang mencukupi dan aktif ditransaksikan seperti yang dimiliki London Metal Exchange (LME).

Ditambah lagi, sejak dua bulan terakhir PLB milik ICDX terpaksa dibekukan lantaran tidak terjadi transaksi selama 6 bulan terakhir atau sejak April 2019. Jika kondisi tersebut terus berlangsung hingga 12 bulan, ada alamat izin PLB ICDX dihapuskan dan perlu mengulang proses perizinan dari awal.

Baca Juga: Pendapatan Bumi Resources Minerals (BRMS) akan ditopang penjualan emas mulai 2020

Tak berhenti sampai di sana tantangan ICDX, Yoga menjelaskan sejak awal tahun harga timah di pasar global cenderung mengalami penurunan, ditambah lagi angka permintaan timah juga cenderung turun. Alhasil volume transaksi ikut menipis di tahun ini. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×