kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank daerah fokus salurkan kredit konsumer, ini kata analis


Selasa, 07 Agustus 2018 / 14:13 WIB
Bank daerah fokus salurkan kredit konsumer, ini kata analis
ILUSTRASI. BANK BJB


Reporter: Yoliawan H | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segmen konsumer menjadi andalan bank pembangunan daerah (BPD) dalam penyaluran kredit. Meski begitu, analis melihat, penyaluran kredit konsumer di bank daerah relatif aman ketimbang kredit produktif, lantaran diutamakan dengan skema payroll atau gaji sehingga memudahkan pengawasan kualitas kredit. 

Salah satu emiten yang rajin untuk membagikan kredit mereka di sektor konsumer adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR). Kedua bank milik pemda ini memiliki portofolio kredit konsumer di atas 50%.

BJTM sendiri memiliki portofolio kredit konsumer mencapai 69,43% dari total kredit yang disalurkan atau sekitar Rp 22,32 triliun. Sedangkan untuk BJBR total kredit konsumer mereka mencapai 67,71% dari total kredit atau sekitar Rp 48,68 triliun.

Dari sisi kualitas kredit pun tercatat berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan bahwa kredit konsumer masih yang paling rendah yakni rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) rasio sebesar 1,75%. Sedangkan untuk kredit modal kerja dan investasi masing-masing sebesar 3,34% dan 2,93%.

William Hartanto, Analis Panin Sekuritas mengatakan, pastinya memang sektor konsumer jauh lebih aman dibandingkan sektor lainnya. Ini menjadi nilai lebih tersendiri bagi bank daerah karena mereka memiliki mayoritas kredit di sektor konsumer.

Mengenai fokus emiten saat ini dia nilai sudah tepat, yaitu membangun daerah dengan kredit individu tersebut. Kendati hasilnya tidak terlihat di jangka pendek, namun dalam jangka panjang ini akan menarik.

Lebih lanjut, terkait potensi harga saham, menurut William untuk BJTM dan BJBR memiliki potensi untuk naik dan dapat dibeli. Hanya saja, nampaknya tidak akan naik dalam waktu dekat.

BJTM dapat dibeli dan hold selama harga di atas 600 dengan target 750 sampai 800 sampai akhir tahun.

"Sedangkan BJBR dapat dibeli di support 2000 dengan target sampai dengan akhir tahun di 2340 sampai 2400,”ujar William kepada kontan.co.id, Senin (6/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×