kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bali United patok harga IPO di kisaran Rp 155 hingga Rp 175 per saham


Jumat, 26 April 2019 / 16:46 WIB

Bali United patok harga IPO di kisaran Rp 155 hingga Rp 175 per saham

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhirnya Bali United menggelar due diligence meeting dan public expose pada Jumat (26/4) di Bali. Hal ini berkenaan dengan rencana klub sepak bola tersebut untuk mencari pendanaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) lewat skema penawaran umum perdana saham alias inital public offering (IPO).

Bali United berencana melepaskan sebanyak 2 miliar saham atau setara 33,33% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Nilai nominal saham Bali United sebesar Rp 10 saham. Direktur Utama Kresna Sekuritas Octavianus Budianto mengatakan, kisaran harga penawaran sahamnya sekitar Rp 155 hingga Rp 175 per saham.


Maka jika dihitung kisaran dana yang akan diraih sebesar Rp 310 miliar hingga Rp 350 miliar. "Dari hasil IPO-nya, sebesar 60,5% akan dipakai untuk modal kerja dan sisanya untuk investasi capex dan modal kerja anak perusahaan," kata Octavianus kepada kontan.co.id, Jumat (26/4).

PT Kresna Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek IPO Bali United.

Berdasarkan prospektus IPO Bali United yang dirilis oleh Kresna Sekuritas, masa penawaran awal dilakukan pada 26 April hingga 7 Mei 219, sementara perkiraan tanggal pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 15 Mei.

Adapun jadwal masa penawaran umum diagendakan pada 17 Mei hingga 21 Mei 2019, sementara perkiraan jadwal pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 27 Mei mendatang.

Sepanjang tahun lalu, Bali United membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 119,42% secara year on year (yoy) menjadi Rp 115,2 miliar. Laba bersih Bali United juga meningkat 885,89% yoy menjadi Rp 4,75 miliar.

Asal tahu saja, Bali United Football Club adalah klub profesional Indonesia yang bermarkas di Gianyar, Bali. Didirikan pada tahun 1989, awalnya bernama Putra Samarinda sebelum berganti markas ke Bali dan mengubah namanya menjadi Bali United Pusam pada tahun 2014.

Dari tahun 2001 sampai 2006 Bali United bermain di divisi pertama sebelum promosi ke Liga Super Indonesia. Saat ini Bali United bermain di QNB Indonesia Super League.

Selain mengelola sepak bola, perusahaan ini juga memiliki Bali United Merchandise Store yang memiliki satu megastore dan 19 toko kecil di Bali. Lalu ada juga Bali United Playland yang merupakan perusahaan menyediakan area bermain untuk anak-anak di area stadion.

Ada juga Bali United Academy yang mencari dan mengembangkan bakat dari akademi sepakbola dengan siswa mulai dari usia 6 hingga 19 tahun.

Tak hanya itu, Bali United juga telah memiliki saluran TV sendiri yaitu Bali United TV yaitu saluran tv streaming online yang didedikasikan untuk Penggemar klub yang dapat diakses melalui YouTube dan Oona TV Melalui anak perusahaan, Perusahaan mengoperasikan sepakbola yang terkait bisnis:

Lalu ada juga PT Bali Boga Sejahtera yang mengelola Bali United Café di stadion utama. Kemudian ada juga PT Kreasi Karya Bangsa yang beroperasi di agensi olahraga dan pemasaran, memberikan sponsor untuk klub sepak bola di Indonesia, video langsung streaming pertandingan sepakbola, dan membuat video untuk sponsor iklan.

PT Radio Swara Bukit Bali Indah mengoperasikan Bali United Radio. Yang terakhir, PT IOG Indonesia Sejahtera yang mengelola eSports Club yang bersaing dalam kompetisi domestik dan internasional.


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×