kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagaimana prospek investasi Exchange Traded Fund (ETF) di 2020?


Jumat, 10 Januari 2020 / 00:06 WIB
Bagaimana prospek investasi Exchange Traded Fund (ETF) di 2020?
ILUSTRASI. Pencatatan perdana saham PT Cisadane Sawit Raya Tbk, PT Bank Amar Indonesia Tbk dan exchange traded fund (ETF)?Reksa Dana BNI-AM ETF MSCI ESG Leaders Indonesia dari?BNI Asset Management?di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (9/1/2020).


Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek penerbitan Exchange Traded Fund (ETF) disebut-sebut akan cemerlang di 2020, mengingat ETF yang merupakan salah satu instrumen tuai cuan bagi investor.

ETF merupakan salah satu instrumen investasi reksadana yang diperdagangkan di bursa efek. Bedanya dengan Reksadana Indeks, reksadana ETF spesifik pada indeks konstituen.

Misal, Reksa Dana BNI-AM ETF MSCI ESG Leaders Indonesia yang diterbitkan oleh BNI Asset Management, Kamis (9/1) yang menggunakan Indeks MSCI ESG Leaders Indonesia sebagai acuan indeks ETF nya.

Baca Juga: BNI Asset Management meluncurkan ETF kedua berbasis ESG

Direktur Utama BNI AM Reita Farianti bahkan sebut, saat ini ETF merupakan satu-satunya instrumen yang dapat dorong cuan bagi investor.

“ETF satu-satu nya di 2019 yang menolong institusi-institusi besar untuk profit taking. 2020 tentu masih menjadi favorit,” kata Reita yang ditemui dalam acara pencatatan ETF Indeks MSCI ESG Leaders Indonesia.

Head of Research Infovesta Wawan Hendrayana  juga nyatakan hal serupa. Menurutnya ETF masih prospektif dan menarik sebagai salah satu instrumen  investasi. Pasalnya, menurut Wawan di tahun 2019 lalu, penyedia ETF sudah bertambah dan tidak hanya didominasi 1 pemain.

“Saya si sangat setuju, melihat trendnya 2-3 tahun terakhir, saya rasa ETF 2020 juga masih akan berkembang. Karena kalau tahun lalu saja, reksadana saham konvensional saja negatifnya dalam. ETF bisa mengurangi risiko pilihan saham karena ETF itu mengikuti indeks tertentu, sudah pasti sahamnya,” kata Wawan yang dihubungi Kontan.co.id, Kamis (9/1).

Baca Juga: Reksadana Indeks Makin Populer Bagi Investor Pasif, Ini Alasannya

Ia melanjutkan, dengan karakteristik tersebut ETF menjadi lahan investasi yang menarik terutama bagi investor institusi. Dari segi likuiditas, Wawan nilai jika bermain di ETF pasar primer juga cenderung likuid sehingga menambah daya tarik ETF. 

Dana kelolaan ETF, Wawan menyebutkan juga alami pertumbuhan signifikan karena berada di atas rata-rata industri berkisar di angka Rp 17 triliun.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×