kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aturan DMO harga batubara pengaruhi saham?


Kamis, 01 Februari 2018 / 20:34 WIB
Aturan DMO harga batubara pengaruhi saham?
ILUSTRASI. harga batubara


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) keberatan terhadap harga batubara saat ini, karena mempengaruhi biaya produksi listrik. PLN berharap pemerintah bisa memberikan solusi dan menurunkan harga batubara dalam negeri atau domestic market obligation (DMO).

William Mamudi, Analis Kresna Securities menyatakan, isu pemerintah yang ingin mengatur DMO harga batubara bisa menjadi sentimen yang mempengaruhi pegerakan harga saham produsen batubara. Jika benar terjadi, dia menilai akan berpengaruh dalam jangka pendek pada saham batubara.

"Ini bisa dijadikan kesempatan untuk trader melakukan profit taking. SahamĀ  batubara kencenderungan rally masih ada. Tahun ini masih permulaan recovery," ungkap William di Jakarta, Kamis (1/2).

Sementara Rovandi, Senior Analis Teknikal Trimegah Securities menyatakan, pengaturan harga batubara oleh pemerintah tidak berpengaruh banyak. Biasanya, harga jual beli batubara sudah diatur dalam kontrak. Harga tetap akan ditentukan secara internasional. "Harga acuan ini tergantung dari supply and demand," tambahnya.

Nico Omer Jonckheere, Vice President Research and Analyst Valbury Sekuritas Indonesia juga menilai, rencana penetapan harga batubara itu tidak terlalu berpengaruh. Dia menyatakan, emiten batubara memang sudah ingin turun.

Pada perdagangan Kamis (1/1), saham sektor pertambangan tercatat turun 0,57%. Meskipun secara year to date masih naik 24,15%. "Koreksi yang wajar saja setelah naik secara signifikan," imbuh Nico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×