Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Dupla Kartini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penguasan pasar alias market share kendaraan roda empat milik PT Astra Internasional Tbk (ASII) tergerus pada awal tahun ini. Berdasarkan data Gaikindo, per Maret 2018, pangsa pasar mobil Astra sebesar 50%, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu mencapai 55%.
Investor Relation ASII, Tira Ardianti menyebut, penurunan market share disebabkan sejumlah faktor. Seperti adanya kompetisi dan kenaikan harga komoditas, sehingga mobil komersial lebih diminati.
"Selain itu, kami juga sedang melakukan inventory management. Kami turunkan inventory supaya agak sehat, makanya market share terkoreksi," papar Tira di Jakarta, Rabu (18/4).
Menurut Tira, sebelumnya, pangsa pasar pada 2016 cukup besar, lantaran adanya peluncuran 7 seater LCGC. Nah, saat ini, ASII tengah mengatur strategi untuk menaikkan market share kendaraan roda empat.
"Kami ingin mempertahankan market share di kisaran 50%," katanya.
Sejumlah hal coba dilakukan oleh ASII, diantaranya meluncurkan produk-produk baru di pasaran. Selain itu, perusahaan berencana merefresh produk yang sudah ada dan meningkatkan layanan penjualan. Perseroan juga akan menyesuaikan produk sesuai dengan desain yang diinginkan masyarakat.
Selanjutnya, ASII juga akan ekspansi dengan menambah jaringan outlet dan peremajaan terhadap outlet-outlet yang sudah ada.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News