kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Astra Otoparts (AUTO) Yakin Pendapatan dan Laba Positif di 2024, Begini Strateginya


Jumat, 30 Agustus 2024 / 17:11 WIB
Astra Otoparts (AUTO) Yakin Pendapatan dan Laba Positif di 2024, Begini Strateginya
ILUSTRASI. Display produk suku cadang kendaraan di booth PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)? pada pameran otomotif GIIAS 2024?di ICE BSD, Tangerang (27/7/2024). AUTO?mengakui kegiatan usaha perdagangan yang menyasar?suku cadang pengganti atau?Replacement Market (REM) mengalami peningkatan. REM merupakan pasar tempat konsumen membeli produk atau komponen pengganti atas komponen kendaraan mereka yang telah usang dan rusak. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Rashif Usman | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) mengaku optimistis bisa mencetak pertumbuhan positif baik pendapatan maupun laba bersih sepanjang tahun 20204.

Presiden Direktur AUTO, Hamdhani Dzulkarnaen Salim menyampaikan bahwa perusahaan konsisten menunjukkan tren pertumbuhan yang positif sejak 2015 lalu. Namun, ia mengakui bahwa AUTO sempat mengalami hambatan kinerja pada tahun 2020 imbas pandemi COVID-19.

"Pada saat (pandemi) itu kami mengalami penurunan yang cukup tajam, tapi setelah itu kami tetap berusaha untuk tumbuh dengan baik," kata Hamdhani dalam Public Expose, Jumat (30/8).

Sayangnya, Hamdhani tak merinci berapa target pendapatan dan laba yang diincar pada tahun ini. Yang terang, pihaknya terus mengadopsi strategi LEAP (Leverage Excellent All Product) untuk mengincar pertumbuhan positif setiap tahunnya.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) akan Tambah 14 Outlet Astra Otoservice Baru hingga Akhir 2024

Dirinya merinci, strategi tersebut memaksimalkan bisnis perdagangan untuk memperkuat posisi sebagai pemasok Original Equipment Manufacturer (OEM) pilihan, tidak hanya di pasar domestik tetapi juga di pasar regional. 

"Jadi tadi seperti yang saya sampaikan bahwa kami juga sudah mempunyai perusahaan di Vietnam dan juga kami tahun ini akan masuk juga ke Filipina dan seterusnya," ujarnya.

Selain itu, AUTO juga akan berusaha menyediakan produk dengan biaya terjangkau. Menurutnya, strategi ini juga menjadi faktor kunci untuk bisa memenangkan persaingan bisnis.

 

Strategi selanjutnya, AUTO juga fokus pada kesiapan sumber daya manusia dan efektivitas organisasi berdasarkan produk.

Tak hanya dibidang otomotif, AUTO juga diversifikasi bisnis ke industri alat kesehatan dan komponen alat berat, industri dan kereta api. Manajemen menyatakan, diversifikasi bisnis menjadi bagian penting dan fokus perusahaan di tahun ini.

Melansir laporan keuangan, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas AUTO tercatat sebanyak Rp 1,01 triliun hingga akhir semester I-2024. Angka ini meningkat 26,48% yoy dibandingkan laba bersih perusahaan pada periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 801,55 miliar.

Sementara itu, pendapatan bersih AUTO mengalami penurunan sebesar 2,03% year on year (yoy) menjadi Rp 9,19 triliun pada semester I-2024, dari sebelumnya Rp 9,38 triliun.

Mayoritas pendapatan bersih AUTO pada semester I-2024 berasal dari segmen manufaktur komponen sebesar Rp 5,26 triliun. Sementara pendapatan dari segmen perdagangan tercatat sebesar Rp 4,67 triliun. AUTO juga membukukan eliminasi sebesar Rp 731,06 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×