Reporter: Rashif Usman | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) berencana membuka antara 25 hingga 30 gerai baru pada tahun 2025. Angka ini meningkat dibandingkan realisasi ekspansi tahun 2024 yang sebanyak 20 toko.
Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES), Teresa Wibowo mengatakan pembukaan gerai Azko tahun ini lebih banyak difokuskan di wilayah Indonesia Timur.
"Kami melihat sepanjang perjalanan ini sudah cukup terkonsentrasi di daerah pulau Jawa dan sekitarnya. Jadi kami melihat bahwa Indonesia Timur pun secara ekonominya tumbuh dengan cepat dan kami ingin berada di tengah-tengah pertumbuhan," kata Teresa dalam acara media gathering di Jakarta, Jumat (16/5).
Baca Juga: Aspirasi Hidup (ACES) Targetkan Pergantian Nama Jadi AZKO Kelar di Kuartal 1-2025
Teresa menjelaskan bahwa rencana ekspansi ini telah disusun sejak awal tahun 2025, dengan dukungan kondisi keuangan perusahaan yang solid. Meski demikian, ia mengakui bahwa salah satu tantangan utama dalam ekspansi adalah menemukan lokasi yang strategis.
Selain itu, penyesuaian produk dengan preferensi konsumen juga merupakan tantangan tersendiri.
"Tapi karena kita sudah berjalan 30 tahun, kita mulai tahu di mana demografi kita berada dan target market. Mungkin yang menjadi tantangannya ialah untuk mendapatkan lokasi yang tepat dengan ukuran yang sesuai," tambah Teresa.
Prospek dan Rekomendasi Saham
Head of Research Kiwoom Sekuritas, Liza Camelia Suryanata menyampaikan ekspansi toko yang agresif di tengah daya beli yang tertekan merupakan langkah berisiko. Namun aksi ini dinilai masih rasional, selama disertai seleksi lokasi yang strategis dan produktivitas toko yang tinggi.
Menurutnya, ACES memiliki pengalaman dalam ekspansi yang efisien dan memanfaatkan skala ekonomi. Namun demikian, tekanan konsumsi pasca Lebaran dan tren downtrading membuat setiap ekspansi perlu disertai kontrol sales per store dan cashflow yang ketat.
"Ekspansi dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan jangka panjang, namun harus bersifat selektif dan berbasis produktivitas, bukan sekadar jumlah," ucap Liza kepada Kontan, Jumat (16/5).
Baca Juga: Cermati Rekomendasi Saham Aspirasi Hidup (ACES) yang Cetak Kinerja Moncer di 2024
Liza melihat ada beberapa pendukung kinerja ACES. Pertama, loyalitas pelanggan dari kelas menengah urban yang masih resilient. Kedua, diversifikasi geografis dan penetrasi ke kota tier 2 atau 3.
Ketiga, produk kebutuhan rumah tangga (alat dapur, penyimpanan) tetap diminati meski konsumsi melambat. Keempat, omnichannel dan pemanfaatan platform KlikAce serta logistik internal