kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.591.000   6.000   0,38%
  • USD/IDR 16.340   25,00   0,15%
  • IDX 7.182   11,08   0,15%
  • KOMPAS100 1.058   -1,55   -0,15%
  • LQ45 834   0,83   0,10%
  • ISSI 213   -0,32   -0,15%
  • IDX30 430   0,42   0,10%
  • IDXHIDIV20 513   2,60   0,51%
  • IDX80 121   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 123   -0,29   -0,24%
  • IDXQ30 141   0,25   0,18%

Cetak Kinerja Positif Selama 2024, Simak Rekomendasi Saham Aspirasi Hidup (ACES)


Selasa, 21 Januari 2025 / 17:24 WIB
Cetak Kinerja Positif Selama 2024, Simak Rekomendasi Saham Aspirasi Hidup (ACES)
ILUSTRASI. Suasana gerai Azko di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (12/1/2025). PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) atau AHI resmi mengganti merek Ace Hardware di Indonesia menjadi Azko sejak 1 Januari 2025.  KONTAN/Cheppy A. Muchlis/12/01/2025


Reporter: Rashif Usman | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) mencetak kinerja positif di sepanjang tahun 2024.

Berdasarkan riset dari Mirae Asset Sekuritas, ACES membukukan penjualan sebesar Rp 911 miliar pada Desember 2024, naik 26,5% secara bulanan (MoM) dan 12,1% secara tahunan (YoY). Sepanjang tahun 2024, total penjualan ACES mencapai Rp 8,5 triliun, meningkat 13% YoY. 

Analis Mirae Asset Sekuritas Abyan Habib Yuntoharjo mengatakan hasil ini melampaui panduan perusahaan, dengan pertumbuhan konsisten di level dua digit dan tingkat pencapaian target sebesar 99,4% berdasarkan estimasi pasar.

Abyan menjelaskan kampanye tematik seperti BerubahJadiLebih, pertumbuhan kategori produk yang kuat, serta lonjakan kunjungan mal selama musim liburan menjadi pendorong utama kinerja positif ini.

Selain itu, ACES mencatat pertumbuhan Same Store Sale Growth (SSSG) sebesar 7,0% YoY pada Desember 2024, sehingga secara keseluruhan SSSG sepanjang tahun mencapai 8,8% YoY, melampaui target panduan sebesar 8%. 

Baca Juga: Aspirasi Hidup (ACES) Targetkan Pergantian Nama Jadi AZKO Kelar di Kuartal 1-2025

Wilayah di luar Jawa menjadi kontributor utama dengan SSSG mencapai 9,7%, diikuti oleh wilayah Jawa (luar Jakarta) sebesar 6,2%, serta Jakarta berada pada tingkat pertumbuhan yang lebih rendah.

"Ekspansi strategis ke kota-kota tier dua dan tiga serta minimnya persaingan di segmen perbaikan rumah menopang SSSG yang lebih tinggi dibandingkan tahun 2023 yang berada di angka 8,1%," kata Abyan dalam risetnya, Selasa (21/1).

Sementara itu, Analis BRI Danareksa Sekuritas Natalia Sutanto menambahkan kategori produk yang paling laris sepanjang tahun 2024 dari ACES meliputi peralatan rumah tangga, furnitur rumah, elektronik, peralatan dapur, dan perlengkapan listrik.

Selama 2024, ACES juga sudah membuka 16 toko baru, sehingga total jumlah toko mencapai 245 unit. Di penghujung tahun lalu, perusahaan meluncurkan kampanye BerubahJadiLebih sebagai bagian dari strategi memperkenalkan merek baru, AZKO. 

"Perusahaan berencana menyelesaikan pembaruan signage untuk AZKO pada akhir kuartal pertama 2025," ujar Natalia dalam risetnya, Selasa (21/1).

Prospek ACES di tahun 2025

Abyan menjelaskan ACES meluncurkan merek konsep baru, AZKO, pada malam tahun baru 2025, dengan rencana rebranding yang dijadwalkan selesai pada kuartal pertama tahun ini.

Selain itu, Abyan menyampaikan pertumbuhan SSSG pada Januari 2025 diperkirakan tetap tinggi, didukung oleh promosi peluncuran, lonjakan kunjungan saat perayaan Imlek, serta pembaruan portofolio produk (SKU). 

"Kampanye seperti 'New Year, New Resolution' dan BerubahJadiLebih diharapkan terus mendorong momentum penjualan," ucap Abyan.

Baca Juga: Aspirasi Hidup (ACES) Beri Pinjaman Rp 250 Miliar untuk Anak Usaha

Namun, ada risiko kegagalan rebranding dalam meningkatkan penjualan serta peningkatan biaya pemasaran. Dus, prospek yang lebih jelas terkait AZKO diperkirakan akan terlihat pada semester pertama 2025.

Natalia juga menerangkan optimisme terhadap kinerja ACES didorong oleh ekspansi jaringan toko, pertumbuhan SSSG yang solid, serta peluncuran merek baru yang diharapkan dapat memperkuat daya saing perusahaan di pasar.

Rekomendasi Saham

Abyan tetap merekomendasikan buy untuk saham ACES, didukung oleh pertumbuhan dua digit yang solid pada segmen pendapatan menengah ke atas meskipun menghadapi tantangan makroekonomi. 

Merek baru, AZKO, diharapkan mampu mempertahankan pertumbuhan laba per saham (EPS) di level dua digit rendah, didorong oleh ekspansi toko dan pertumbuhan SSSG di level tinggi satu digit yang didukung oleh konsep toko baru.

Target harga saham ditetapkan di Rp 1.250 per lembar, mencerminkan rasio P/E 2025 sebesar 22,5x, atau 0,5 standar deviasi di bawah rata-rata lima tahun terakhir, dengan peningkatan efisiensi dan produktivitas toko.

 

Natalia menambahkan pada harga saat ini saham ACES diperdagangkan dengan rasio P/E 2025 sebesar 13,6x. Saat ini, BRI Danareksa Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham ACES dengan target harga Rp 1.100 per saham, yang mencerminkan rasio P/E 2025 sebesar 20x.

Analis MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana merekomendasikan strategi buy on weakness untuk saham ACES dengan level support di Rp 705 dan resistance di Rp 760. 

"Target harga di kisaran Rp 780–Rp 825," terang Herditya kepada Kontan, Selasa (21/1).

Selanjutnya: UNIQLO Buka 4 Toko Baru di Indonesia di Semester Awal 2025, Makin Luas Jangkau Pasar

Menarik Dibaca: 3 Tanda Anda Butuh Suplemen Kolagen, Jangan Asal Minum!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×