kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi Badai PHK dengan Dana Darurat dalam Deposito Bunga Khusus


Rabu, 25 Januari 2023 / 11:02 WIB
Antisipasi Badai PHK dengan Dana Darurat dalam Deposito Bunga Khusus
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Tahun 2022 lalu, badai PHK (pemutusan hubungan kerja) melanda berbagai industri padat karya dan sektor teknologi. Para ekonom memperkirakan gelombang PHK masih akan terjadi di tahun ini, akibat pelemahan ekonomi global dan nasional. Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk, kita perlu menyiapkan dana darurat yang dapat disimpan dalam deposito.

Ketika mengalami PHK, kita dapat memakai dana darurat untuk menopang biaya hidup sehari-hari. Dana yang sudah tersedia membantu kita mengganjal penghidupan hingga mendapat pekerjaan kembali. Dengan dana darurat yang sudah tersedia, kita tidak perlu mencari pinjaman ke orang lain untuk mengatasi masalah biaya hidup.

Para perencana keuangan merekomendasikan tabungan dana darurat sejumlah 3—6 kali pengeluaran bulanan bagi yang lajang dan 9—12 kali pengeluaran bulanan bagi yang sudah berkeluarga. Sebagai permulaan, kita dapat menyisihkan minimum 10% dari penghasilan untuk pos dana darurat. Persentase pos dana darurat bisa ditambahkan seiring dengan peningkatan pendapatan.

Menyimpan dana darurat dalam deposito memberikan sejumlah keuntungan. Pertama, kita akan lebih disiplin menyimpan dana darurat sesuai peruntukannya karena deposito hanya bisa dicairkan setelah jatuh tempo. Kedua, dana darurat akan bertumbuh dari hasil bunga deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan.

Baca Juga: Redam Volatilitas Portofolio dengan Deposito Bunga Hingga 5,88% p.a

Pilih deposito dengan tenor atau jangka waktu pendek antara 1—6 bulan untuk menyimpan dana darurat. Sebar dana darurat dalam beberapa deposito yang jatuh temponya beragam sehingga memudahkan pencairan pada saat dibutuhkan.

Bunga deposito hingga 5,5% p.a

Kabar gembira bagi Anda yang sedang berencana buka tabungan deposito sebagai simpanan dana darurat, kini tersedia program Deposito Special Rate yang sangat terjangkau dari J Trust Bank. Program ini memberikan promo khusus untuk nasabah baru, yaitu bisa buka tabungan deposito dengan menempatkan dana mulai Rp1 juta. Jadi, bisa sat set buka deposito untuk dana darurat, bukan?

Deposito Special Rate seperti namanya juga memberikan bunga deposito yang kompetitif. Untuk tenor atau jangka waktu 3 bulan, bunga yang diberikan 5,00% per tahun, sedangkan untuk tenor 6 bulan, bunganya 5,50% per tahun. Simpanan dalam deposito pun akan bertumbuh optimal dengan bunga yang spesial ini.

Terkait dengan bunga deposito, nasabah perlu mengetahui bahwa hasil bunga deposito yang diperoleh nasabah akan dikenakan pajak 20% sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, simpanan nasabah pada bank mengikuti aturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Untuk tingkat pemberian bunga simpanan yang melebihi aturan LPS, maka penjaminnya adalah bank sendiri, dalam hal ini J Trust Bank.

Buka tabungan deposito

Anda yang ingin mengikuti program Deposito Special Rate ini cukup buka tabungan atau giro di J Trust Bank. Jenis tabungan yang bisa dipilih antara lain Tabungan Tora, Tabungan J Trust, atau J Trust One.

Setiap tabungan memiliki keunggulan yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Tabungan Tora tidak membebankan biaya administrasi dan kartu ATM bulanan. Selain itu, ada fasilitas bebas biaya transfer antarbank online dan bebas biaya transfer SKN serta RTGS, masing-masing maksimum sepuluh kali per bulan. Nasabah juga bisa tarik tunai gratis maksimum empat kali sehari melalui ATM Bersama dan Prima.

Untuk pemilik usaha yang ingin buka rekening khusus bisnis, bisa memilih Tabungan J Trust One. Kelebihan yang ditawarkan tabungan ini, antara lain bunga simpanan yang kompetitif hingga 3,88% per tahun dan pencatatan transaksi yang lebih detail melalui e-statement. Sebagai rekening bisnis, kini Tabungan J Trust One hanya mensyaratkan setoran awal minimum Rp1,5 juta saja.

Adapun Tabungan J Trust juga dapat dimiliki oleh lembaga non-perorangan dan setoran awalnya sangat terjangkau, yaitu Rp150.000. Tabungan ini memberikan fasilitas gratis biaya administrasi layanan kartu ATM dan penghitungan bunga berdasarkan saldo harian.

Siapkan diri hadapi kondisi terburuk dengan buka tabungan dan deposito yang memberikan banyak manfaat untuk Anda. Segera kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat atau hubungi Ask J 1500 615 untuk informasi lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×