kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha Adaro Energy (ADRO) Jajaki Proyek PLT Bayu di Kalimantan


Selasa, 07 Juni 2022 / 05:40 WIB
Anak Usaha Adaro Energy (ADRO) Jajaki Proyek PLT Bayu di Kalimantan


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Adaro Power, menjajaki sejumlah proyek energi terbarukan (EBT). Head of Corporate Communication ADRO, Febriati Nadira mengatakan, Adaro Power sedang dalam proses mengikuti tender proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) berkapasitas  70 megawatt (MW) di Kalimantan.

“Kami juga menjadi salah satu dari dua konsorsium yang lolos kualifikasi untuk tender PLT Sampah Jawa Barat,” imbuh Febriati kepada Kontan.co.id (5/6).

Adaro Power memang tengah mengawal proyek green energy. Sejak awal tahun 2021, Adaro Power telah membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap 130 kWp.

PLTS tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di area operasional pelabuhan/terminal khusus batubara Adaro di Kelanis, Kalimantan Tengah. Dalam perkembangan berikutnya, Adaro Power juga telah menambahkan kapasitas 468 kWp PLTS dengan sistem terapung (floating)pada area kolam kantin di Kelanis.

Baca Juga: Realisasi Pembangkit Minim, Target Bauran EBT Tahun Ini Sulit Tercapai

PLTS terapung di Kelanis itu diestimasikan mampu menghasilkan  listrik sekitar 618 ribu kWh per tahun.

Proyek EBT Adaro Power menjadi bagian dari green initiative dalam tubuh ADRO. Selain meningkatkan porsi EBT dalam bauran energinya, ADRO juga memiliki jangka panjang. Salah satu agendanya antara lain melakukan investasi untuk membangun smelter aluminium.

“Adaro berharap dapat membantu mengurangi impor aluminium, memberikan proses dan nilai tambah terhadap alumina serta meningkatkan penerimaan pajak negara. Adaro juga berharap keberadaan industri aluminium di Kalimantan Utara ini dapat mendatangkan banyak investasi lanjutan dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” imbuh Febriati.

Baca Juga: Bos Adaro Power: Terus Pelajari Proyek EBT Melalui Prakarsa Proposal dan Tender

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×