kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aktivitas Belanja Masyarakat Meningkat, Simak Rekomendasi Saham MAPA, MAPI & ACES


Rabu, 20 Maret 2024 / 18:57 WIB
Aktivitas Belanja Masyarakat Meningkat, Simak Rekomendasi Saham MAPA, MAPI & ACES
ILUSTRASI. PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) (?ACE?) mengajak masyarakat untuk menyambut dan merayakan akhir tahun dengan Harga Super Ringan melalui beragam produk terkini yang inovatif dan solutif. Aktivitas belanja meningkat turut mendorong penjualan emiten ritel sejumlah saham ini layak dikoleksi.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aktivitas belanja masyarakat meningkat memasuki bulan Ramadan tahun ini dibandingkan pada bulan Ramadan 2023 lalu. Hal itu terlihat banyaknya warga yang mengunjungi sejumlah kawasan grosir.

Analis BRI Danareksa Sekuritas, Natalya Sutanto, dalam riset 18 Maret 2024, mengatakan, banyak warga mengunjungi sejumlah kawasan grosir, seperti di Tanah Abang dan Thamrin City dan melihat aktivitas pengunjung  meningkat dibandingkan bulan Ramadan tahun lalu.

"Kami menyaksikan lebih ramainya area perbelanjaan dibandingkan dengan pemeriksaan kami pada periode yang sama tahun lalu. Semakin banyak masyarakat yang berbelanja barang fesyen untuk keperluan Ramadan," kata Natayla, Senin (18/3).

Baca Juga: Banyak Tersengat Sentimen Positif, Intip Rekomendasi Saham Emiten Ritel Berikut Ini

Berdasarkan survei terbatasnya, sekitar 50% toko hadir secara online (Tiktok dan Shopee), sementara hampir semua toko yang disurvei memiliki akun Instagram dan WhatsApp untuk mendorong penjualan.

Meningkatnya konsumen atau pengunjung ini juga dinilai bakal memberikan dampak bagi emiten ritel seperti PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES). 

 

"Secara keseluruhan, sebagian besar perusahaan konsumen optimistis akan kinerja yang kuat pada kuartal I-2024 menjelang perayaan Idul Fitri pada awal April 2024," kata Natalya.

Research Analyst Henan Putihrai Sekuritas Janice Kohar mengatakan, emiten ritel mendapat berkah dari peningkatan permintaan yang terjadi di tahun ini, terutama untuk pakaian dan makanan, menjelang Ramadan dan Lebaran. Distribusi Tunjangan Hari Raya (THR) juga bisa meningkatkan daya beli konsumen.

"Kinerja sektor ritel, sebagai bagian dari indeks konsumer siklikal, menunjukkan peningkatan sebesar 0,87% menjadi 828.54 secara year to date," kata Janice kapada Kontan.co.id, Rabu (20/3).

Baca Juga: Kinerja Emiten Ritel Dinilai Prospektif, Ini Rekomendasi Saham Jagoan Analis

Janice melihat dampak terhadap emiten ritel sangat bergantung pada strategi dan segmen pasar mereka. ACES, dengan fokus pada peningkatan SSSG sebesar 15.3% YoY di Februari 2024 melalui promosi dan persiapan inventori untuk Ramadan menunjukkan bahwa emiten dengan strategi pemasaran yang baik dan persiapan logistik yang matang dapat sangat diuntungkan. 

"Emiten yang paling diuntungkan kemungkinan adalah mereka yang dapat menangkap permintaan musiman dengan efektif, terutama di sektor pakaian dan makanan, yang melihat lonjakan permintaan selama Ramadan," tuturnya.

Janice merekomendasikan untuk mencermati saham ACES dengan target harga Rp 1.110 per saham.

Sementara Natalya merekomendasikan buy terhadap saham MAPA dengan target harga Rp 1.270 per saham, buy pada saham MAPI dengan target harga Rp 2.400 per saham, dan buy pada saham ACES dengan target harga Rp 920 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×