kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45791,64   2,11   0.27%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Ada jejak dana nasabah ke akun Reliance


Senin, 09 Mei 2016 / 11:15 WIB
Ada jejak dana nasabah ke akun Reliance

Reporter: Narita Indrastiti, Sandy Baskoro | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Kasus produk pasar modal yang menyeret PT Reliance Securities Tbk (RELI) masuk babak baru. Para korban mulai melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kali ini, dengan bukti, ada jejak dana sekitar Rp 1,45 miliar sempat mampir ke akun bank atas nama Reliance.

Seorang korban yang enggan disebut namanya mengaku kehilangan Rp 7 miliar. Dia dan ketiga temannya menyewa pengacara, mencari titik terang kasus ini. Dana keempat korban yang belum kembali Rp 9 miliar.

Namun, ada perbedaan skema transaksi dibanding beberapa korban sebelumnya. Nasabah itu bercerita, mulanya ia ditawari produk investasi oleh seorang marketing di bawah komando EP Larasati, September 2014. Kala itu, Larasati mengaku Head of Wealth Management Reliance Securities.

Produk itu berupa Kontrak Kerjasama Pengelolaan Dana (KPD) yang akan dialokasikan ke instrumen pasar modal, seperti kas dan pasar uang, efek pendapatan tetap dan saham. Indikasi imbal hasil sekitar 12% per tahun.

Dokumen konfirmasi KPD  periode investasi 16 September 2014-16 September 2015 itu diteken Larasati dan Nicky Hogan, yang kala itu menjadi direktur utama Reliance. Tanda tangan Nicky dibubuhkan di atas meterai. Hingga Minggu (8/5), Nicky yang kini Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) belum bisa dikonfirmasi.

Investasi awal kontrak itu Rp 300 juta. Nasabah empat kali mentransfer dana ke rekening Reliance, total Rp 1,45 miliar. Nasabah mentransfer dana ke rekening BCA atas nama Reliance Securities, beberapa kali transaksi September 2014- Oktober 2014.

Setelah itu, Larasati mengalihkan investasi KPD ke produk surat utang FR0035. November 2014, nasabah mulai mentransfer dana ke PT Magnus Capital yang dianggap pihak ketiga penampung dana. Dalam beberapa kali, total yang ia transfer Rp 7 miliar. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×