kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada HET Saat Harga Beras Naik, Ini Strategi Buyung Poetra Sembada (HOKI)


Senin, 16 Oktober 2023 / 18:09 WIB
Ada HET Saat Harga Beras Naik, Ini Strategi Buyung Poetra Sembada (HOKI)
ILUSTRASI. Produk Daily Meal Eats dari? PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI).


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dampak El Nino yang terjadi di Indonesia menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan dan membuat banyak petani gagal panen.

Akibatnya, harga beras semakin naik. Akan tetapi pemerintah melalui Badan Pangan Nasional memberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras di pasar modern. Adapun penentuan HET berbeda-beda di setiap wilayah sesuai zonasi 

Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Budiman Susilo mengatakan, HOKI akan terus berupaya untuk memproduksi memenuhi kebutuhan market sesuai dengan kemampuan meskipun dengan harga bahan baku yang tinggi. 

Dia juga mengatakan bahwa HOKI akan terus berupaya untuk memproduksi beras guna memenuhi kebutuhan market sesuai dengan kemampuan HOKI meskipun dengan harga bahan baku yang tinggi. Tingginya harga bahan baku saat ini mungkin akan menyebabkan realisasi produksi HOKI tidak akan setinggi tahun lalu. 

Baca Juga: HOKI Makin Aktif Investasi ke Bisnis Beras Sehat lewat PT Hoki Distribusi Niaga (HDN)

“Namun hingga akhir 2023, kami akan berupaya untuk mencapai pertumbuhan penjualan 10% dibandingkan tahun 2022,” kata Budiman kepada Kontan.co.id belum lama ini

Adapun terkait dengan kenaikan harga beras dan pemerintah menetapkan HET di pasar modern, HOKI mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk memenuhi permintaan pasar dan tetap mengikuti aturan pemerintah. 

Di sisi lain, Buyung Poetra terus melakukan efisiensi dengan cara diversifikasi ke produk fast moving consumer goods (FMCG). HOKI memiliki produk Daily Meal Eats yang merupakan produk beras berbumbu. 

Baca Juga: Lewat Anak Usaha, Buyung Putra (HOKI) Jajaki Joint Venture Bangun Pabrik Beras Khusus

Penjualan produk Daily Meal Eats menunjukkan tren yang sangat bagus sebagai produk FMCG. Pada semester pertama 2023, penjualan produk ini mencapai Rp 2,2 miliar, tumbuh 5.846% dibandingkan pada semester kedua 2022 ketika produknya pertama kali dipasarkan, dengan margin keuntungan yang lebih baik.

Adapun hingga saat ini, mayoritas penjualan beras utama HOKI berada di modern trade, HOKI merupakan salah satu pemain besar di modern trade

HOKI juga melakukan kerja sama dengan berbagai minimarket terkemuka di Indonesia untuk distribusi produknya. Saat ini produk-produk Daily Meal milik HOKI juga sudah mulai masuk di banyak modern trade untuk meningkatkan penetrasi ke pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×