kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,05   -17,44   -1.89%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak dunia jatuh setelah pasokan AS melonjak tajam di luar perkiraan


Rabu, 05 Juni 2019 / 10:31 WIB
Harga minyak dunia jatuh setelah pasokan AS melonjak tajam di luar perkiraan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak dunia kembali jatuh pada perdagangan Rabu (5/6), terseret kenaikan tajam persediaan minyak Amerika Serikat (AS) dan komentar Kepala Produsen Minyak Negara Rusia Rosneft yang mempertanyakan titik kesepakatan dengan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk menahan pasokan.

Mengutip Reuters, harga Brent futures turun 27 sen, atau 0,4% menjadi US$ 61,70 per barel pada 0152 GMT. Harga minyak ini naik 1,1% pada hari Selasa setelah jatuh hampir 13% dalam empat sesi sebelumnya. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 32 sen, atau 0,6%, menjadi US$ 53,16 per barel. Benchmark A.S. ditutup 0,4% lebih tinggi pada hari Selasa.

Harga minyak telah turun tajam di tengah kekhawatiran tentang perlambatan permintaan global, tetapi memenangkan jeda pada hari Selasa setelah reli pasar saham global dengan harapan penurunan suku bunga AS.

Stok minyak mentah AS naik secara tak terduga minggu lalu, sementara persediaan bensin dan sulingan lebih banyak dari yang diperkirakan, kelompok industri American Petroleum Institute mengatakan Selasa.

Persediaan minyak mentah naik 3,5 juta barel dalam sepekan hingga 31 Mei menjadi 478 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 849.000 barel. Nomor resmi dari Administrasi Informasi Energi (EIA) AS akan keluar hari Rabu.

"Itu adalah angka yang sangat bearish dan jika dikonfirmasi oleh EIA itu akan memukul harga," kata Stephen Innes, managing partner di SPI Asset Management di Bangkok.

Pasar minyak telah terbebani oleh kekhawatiran tentang melambatnya pertumbuhan global dari perang perdagangan AS-Sino dan ancaman Presiden Donald Trump pekan lalu untuk mengenakan tarif pada impor Meksiko.

Untuk mencegah kelebihan pasokan dan menopang pasar, OPEC bersama dengan sekutu termasuk Rusia, telah menahan produksi sejak awal tahun. Grup berencana untuk memutuskan akhir bulan ini atau pada awal Juli apakah akan melanjutkan pembatasan pasokan.

Tetapi pada hari Selasa, kepala raksasa minyak Rosneft, Igor Sechin mengatakan, Rusia harus memompa sesuka hati dan dia akan mencari kompensasi dari pemerintah jika pemotongan diperpanjang.

Meskipun demikian, rata-rata produksi minyak harian Rusia turun ke level terendah tiga tahun setelah minyak mentah yang terkontaminasi menyumbat jalur ekspor utamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×