kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terbitnya PJOK 3/2024 Dinilai Pertanda Kedewasaan Ekosistem Kripto di Indonesia


Jumat, 29 Maret 2024 / 16:43 WIB
Terbitnya PJOK 3/2024 Dinilai Pertanda Kedewasaan Ekosistem Kripto di Indonesia
CEO Indodax, Oscar Darmawan, menyambut positif penerbitan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 3 Tahun 2024 yang mengatur tentang Penyelenggaraan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Para pelaku usaha menyambut positif penerbitan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 3 Tahun 2024 (POJK 3/2024) yang mengatur tentang Penyelenggaraan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan. 

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan bahwa peraturan ini menandai kedewasaan ekosistem kripto di Indonesia. 

"Penerbitan peraturan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan keamanan, transparansi, dan pertumbuhan berkelanjutan dalam industri kripto di Indonesia," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (29/3).

POJK 3/2024 juga memperbaiki mekanisme regulatory sandbox, fasilitas yang diberikan oleh OJK untuk menguji dan mengembangkan teknologi keuangan yang inovatif. 

Baca Juga: POJK 3/2024 Diharapkan Mampu Beri Keseimbangan Antara Inovasi dan Keamanan

Dalam pandangan Oscar, langkah ini menunjukkan komitmen OJK dalam mendorong inovasi sesuai dengan kebutuhan pasar dan menjaga stabilitas sektor keuangan.

Oscar menjelaskan bahwa regulatory sandbox memberikan ruang bagi Indodax dan pelaku industri lainnya untuk bereksperimen dan berinovasi dalam produk dan layanan baru. 

Ini dilakukan dalam lingkungan yang terkontrol, sehingga dapat memperluas perkembangan industri kripto di Indonesia. Menurutnya, keberadaan ruang inovasi ini juga dapat membuka akses ke pasar baru dan menciptakan lapangan kerja baru.

Selain itu, Oscar menekankan bahwa regulatory sandbox memberikan kepastian hukum bagi industri kripto di Indonesia, sehingga memudahkan investor untuk berinvestasi dengan cara yang aman dan mengurangi risiko penipuan. 

Baca Juga: Masa Depan Investasi Aset Kripto

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Robby, Ketua Umum ABI-Aspakrindo, yang yakin bahwa regulatory sandbox dapat mendorong pertumbuhan industri kripto di Indonesia.

Oscar menilai langkah yang diambil pemerintah terutama dalam menghadapi pertumbuhan kripto yang cepat dan positif, sebagai langkah yang tepat. 

Dia percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin dalam industri kripto di Asia Tenggara, didukung oleh populasi muda yang besar, penetrasi internet yang tinggi, dan regulasi yang matang. 

Baca Juga: Mobilitas Tinggi Jadi Penyulut Solusi Bisnis Transportasi

Oscar juga menyoroti perkembangan di negara-negara tetangga, seperti Singapura, yang menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sama.

Karena itu, ia menyimpulkan bahwa Indonesia perlu memiliki ekosistem kripto yang kuat untuk menghadapi perkembangan yang ada di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×