: WIB    —   
indikator  I  

Spekulasi tembaga di Shanghai menggoyang LME

Spekulasi tembaga di Shanghai menggoyang LME

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga tembaga di London jatuh setelah menguat pada awal pekan ini. Koreksi tembaga dipicu oleh serangkaian perdagangan malam di Shanghai Futures Exchange.

Mengutip Bloomberg, Selasa (14/11) harga tembaga kontrak pengiriman tiga bulan di London Metal Exchange (LME) melemah 0,6% ke level US$ 6.854 per metrik ton dibanding sehari sebelumnya. Pada awal pekan ini, tembaga sempat menanjak 1,6% atau kenaikan tertinggi dalam empat pekan.

Lonjakan harga tembaga pada Senin (13/11) terjadi lantaran lebih dari 100.000 kontrak yang diperdagangkan di Shanghai Futures Exchange (SHFE) memicu spekulasi bahwa seorang trader besar sedang membangun posisi bullish tembaga.

"Sulit untuk menyatakan apa motifnya, tetapi yang jelas ada orang dengan uang yang memiliki outlook bullish," Richard Fu, Kepala Penjualan Asia Pasifik di Amalgamated Metals Trading dari London, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (14/11).

Fu memperkirakan, penurunan harga tembaga akan menarik minat beli investor dengan pandangan bullish. Pesanan untuk menarik tembaga dari gudang LME naik 5,9% atau kenaikan pertama bulan ini.


Reporter Wuwun Nafsiah
Editor Wahyu Rahmawati

TEMBAGA / COPPER

Feedback   ↑ x
Close [X]