kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMGR kejar proyek properti akhir tahun ini?


Kamis, 28 Agustus 2014 / 20:36 WIB
SMGR kejar proyek properti akhir tahun ini?
Katalog promo Indomaret terbaru 15-21 Maret 2023, promo super hemat mingguan yang berlaku selama 7 hari.


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) memiliki core bisnis sebagai produsen semen. Tapi ke depan, emiten pelat merah ini bakal memajukan lini bisnisnya yang lain. Salah satunya adalah bisnis properti.

Sebelumnya, SMGR pernah menggarap sebuah proyek bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA). Nah, atas dasar itu, kemungkinan besar jika bisnis propertinya nanti juga akan dikerjakan dengan menggandeng WIKA.

"Saat ini kami masih lakukan pengkajian bersama WIKA. Jika kajian tuntas, kami harapkan akhir tahun ini perjanjian kerjasama proyeknya dengan mereka (WIKA) kami teken," jelas Direktur Utama SMGR, Dwi Sucipto, (28/8).

Meski masih dalam kajian, tapi kedua belah memiliki peluang besar untuk menjalin kerjasama. Sebab, belum lama ini SMGR dan WIKA menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjalin sinergi dalam bidang ketenagalistrikan, realty dan properti.

Tinggal menunggu masalah waktu untuk mengeksekusi proyek tersebut. Fokus pertama yang bakal dikerjakan SMGR adalah mengembangkan aset yang dimiliki SMGR di Gresik, Jawa Timur.

Dilokasi itu, SMGR punya lahan eks pabrik PT Semen Gresik yang sudah dipindahkan ke Tuban. Rencananya lahan tersebut akan dibangun sebagai kawasan properti komersial, perkantoran, maupun hunian. Sementara sebagian bangunan yang bernilai sejarah akan dipertahankan sebagai warisan (heritage), dan menjadi ikon kota ini.

Jika jadi bekerjasama dengan WIKA, maka kedua belah pihak akan membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV) untuk mengembangkan lahan tersebut. "Karena kami memiliki aset yang besar di situ (Gresik), kami, sih, inginnya jadi mayoritas," pungkas Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×