kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat kuat, harga perak kembali terpojok


Jumat, 24 Mei 2019 / 22:03 WIB
Sempat kuat, harga perak kembali terpojok


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Senada dengan aset safe haven emas, harga komoditas perak pun harus luluh lantak. Apa sebabnya?

Mengutip Bloomberg, pukul 21.38 WIB, harga perak kontrak pengiriman Juli 2019 berada di level US$ 14,55 per ons troi. Atau melemah 0,41% dari harga kemarin US$ 14,61 per ons troi. Sementara sepekan menguat 1,11%.

Analis PT Pruton Mega Berjangka, Cahyo Dewanto menilai pelemahan harga perak disebabkan banyak hal. Pertama pernyataan Presiden China, Xi Jinping yang mana China siap menghadapi long march perang dagang jilid kedua. Dari pernyataan ini, Cahyo mengindikasikan akan jauhnya kesepakatan dagang akan terjadi.

Hal ini menyebabkan harga komoditas turun. Bahkan pamor safe haven emas dan perak kalah jika dibandingkan dengan dollar Amerika Serikat (AS). Cahyo menilai panasnya tindakan AS untuk melawan China sebagai negara industri terbesar, cukup memberatkan semua komoditas, termasuk perak.

Kedua, pemerintahan AS , yang memasukkan kembali Huawei ke daftar hitam mitra kerja AS. "Bahkan AS juga memaksa Korea Selatan untuk melakukan hal yang sama. Google juga memutus sementara kerjasama dengan Huawei," sebut Cahyo kepada Kontan.co.id, Jumat (24/5).

Karena gejolak politik tersebut, Cahyo memandang wajar bahwa pelaku pasar untuk memilih aset safe haven yen ataupun memilih mengoleksi dollar AS kini.

Secara teknikal, harga perak masih akan melemah. Tampak dari indikator moving average (MA)50, MA100 dan MA200 yang berada di bawah garis. Begitu juga dengan indikator RSI, stochastic, CCI dan MACD yang berada dibawah garis. Sementara indikator ADX dan ATR berada di atas area 14.

Untuk Senin, Cahyo merekomendasikan jual untuk perak. Dia memproyeksikan harga perak bergerak di level US$ 14,55 sampai US$ 14,60 per ons troi. Sementara sepekan diperkirakan bergerak di rentang US$ 14,20 sampai US$ 14,61 per ons troi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×