kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera IPO, Panca Mitra akan roadshow ke luar negeri


Minggu, 18 Maret 2018 / 18:06 WIB
Segera IPO, Panca Mitra akan roadshow ke luar negeri
Pabrik olahan udang PT Panca Mitra Multiperdana


Reporter: Dupla Kartini | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SITUBONDO. Perusahaan eksportir udang, PT Panca Mitra Multiperdana akan melepas maksimal 30% saham melalui penawaran perdana saham ke publik alias initial public offering (IPO). Komisaris Utama PT Panca Mitra Multiperdana Soesilo Soebardjo mengatakan, rencananya IPO akan dilakukan sebelum Lebaran atau sekitar Mei 2018.

Dana hasil IPO sekitar 80% akan digunakan untuk modal kerja, sedangkan 20% untuk belanja modal alias capital expenditure.

Belanja modal antara lain untuk peningkatan produksi dan beli lahan untuk pabrik. "Misalnya bangun mini plant untuk procurement raw material. Bisa di mana saja, kami akan survei, " kata dia di Situbondo, Minggu (18/3). Perusahaan ini telah menunjuk RHB Sekuritas dan Danareksa Sekuritas sebagai underwriter.

Menurut Soesilo, selain di dalam negeri, pihaknya juga akan membidik investor luar negeri. "Kami akan roadshow ke Kuala Lumpur, Singapura, masih sekitar Asia Tenggara," ungkap Soesilo.

Dia memperkirakan, roadshow akan dilakukan pada pekan ketiga April mendatang. Namun, Soesilo menyatakan, perusahaan hanya membidik investor ritel, bukan strategic partner. "Nantinya kami bisa saja melakukan aksi korporasi lainnya, misalnya menerbitkan obligasi dan lainnya," kata Soesilo.

Dia berharap price to earning ratio (PER) untuk harga saham IPO nantinya bisa komparasi dengan industri. "Sebagai gambaran PE industri di Vietnam dan India sekitar 10-15 kali. "Harapannya tidak terlalu di atas atau di bawah. Harganya yang fair dengan industri," ucap Soesilo.

Sebagai gambaran, Panca Mitra menghasilkan udang windu mentah, udang vaname mentah dan olahan udang. Seluruh hasil produksi dijual ke pasar ekspor. Tahun lalu, total volume ekspor perusahaan mencapai 10.000 ton. Porsi terbesar dijual ke pasar Amerika Serikat yaitu 70%. Lalu, 20% untuk pasar Jepang, dan sisanya ke Uni Eropa, Hong Kong, Singapura, dan Australia.

Tahun ini, Panca Mitra menargetkan peningkatan volume ekspor dua kali lipat atau setara 20.000 ton. Terlebih dengan beroperasinya pabrik baru di Situbondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×