kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham-saham ini banyak diburu asing di tengah penurunan IHSG, simak penjelasan analis


Minggu, 04 Oktober 2020 / 19:42 WIB
Saham-saham ini banyak diburu asing di tengah penurunan IHSG, simak penjelasan analis
ILUSTRASI. Petugas kebersihan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/9/2020).


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor asing masih mencatatkan aksi jual bersih atau net sell di bursa. Mengutip data dari RTI Business, sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan, Jumat (2/10), investor asing mencatatkan net sell hingga Rp 43,64 triliun.

Kendati kondisi ekonomi kembali menggeliat di awal semester II 2020, investor asing masih keluar dari bursa. Net sell tercatat mencapai Rp 28,45 triliun selama tiga bulan terakhir. Adapun selama sebulan terakhir net sell di bursa tercatat Rp 12,45 triliun.

Di tengah net sell yang mendominasi bursa, investor mencatatkan aksi beli bersih atau net buy terhadap beberapa saham.

Mengutip data dari RTI Business, selama tiga bulanĀ  dan sebulan terakhir kelima saham ini masuk ke dalam 10 saham yang dibeli investor asing.

Baca Juga: IHSG kembali jatuh, asing malah koleksi saham-saham ini, Jumat (2/10)

Kelima saham itu adalah PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), PT MNC Vision Networks (IPTV), PT Uni-charm Indonesia (UCID), PT MNC Land Tbk (KPIG), dan PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM).

Bahkan tiga diantaranya masih dibeli asing selama sepekan terakhir yakni MAPA, IPTV, dan SMSM.

Analis Kiwoom Sekuritas Sukarno Alatas mengamati investor asing melihat sentimen-sentimen positif terhadap kelima saham tersebut. Misalnya, IPTV yang berencana melakukan private placement.

Rencana ini direspon positif oleh investor asing, sebab mendekati waktu cum date harga saham berpeluang naik. Maka dari itu, saat ini kesempatan untuk buyback apalagi harga sudah turun dalam.

Untuk MAPA, sentimen positif datang dari anak usahanya, Athletica International Holdings Pte Ltd (AIH), yang mengakuisisi 100% saham New Golden Heritage Pte Ltd dari Teamway Asia Ltd.

Baca Juga: PMI manufaktur Indonesia kembali tertekan, simak rekomendasi saham berikut

Ekspansi ini dipandang baik karena prospek pertumbuhan industri ritel di Filipina menarik dipicu oleh pertumbuhan ekonomi, peningkatan populasi, dan daya beli konsumen.




TERBARU

[X]
×