kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pernyataan Draghi masih sudutkan posisi euro


Minggu, 22 Oktober 2017 / 16:24 WIB
Pernyataan Draghi masih sudutkan posisi euro


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme pengurangan stimulus yang akan dilakukan oleh European Central Bank (ECB) ternyata tak mampu mengangkat posisi euro. Mata uang kawasan Uni Eropa itu justru berada di bawah tekanan.

Mengutip Bloomberg, pada penutupan perdagangan Jumat (20/10) pasangan mata uang EUR/USD terkoreksi cukup dalam sekitar 0,57% ke level 1.1784 dibanding hari sebelumnya.

Alwi Assegaff, Analis PT Global Kapital Investama Berjangka mengatakan pernyataan Gubernur ECB Mario Draghi tentang keputusan untuk menahan tingkat suku bunga telah menjadi sentimen negatif yang menahan laju penguatan euro.

Padahal seharusnya pengurangan stimulus bisa membawa sentimen positif buat euro. “Gubernur ECB terakhir mengatakan pihaknya akan melakukan tapering tetapi tidak  akan menaikkan suku bunga. Ini menekan euro," ujarnya kepada Kontan akhir pekan ini.

Menurutnya tanpa sokongan data ekonomi yang positif fokus pasar masih tertuju pada pernyataan Draghi. Di akhir pekan kemarin hingga awal pekan ini euro memang minim rilis data ekonomi. Ditambah lagi euro juga masih mendapat tekanan dari referendum Catalonia.

Sementara itu dari Amerika Serikat (AS), persetujuan yang diberikan Senat terhadap anggaran yang diajukan Presiden Donald Trump juga telah memberi sentimen positif. Kata Alwi keputusan tersebut semakin menguatkan peluang disetujuinya rencana reformasi pajak.

"Tetapi jika pasar melihat isu spekulasi Jerome Powel bakal naik menjadi pengganti Yellen sebagai Gubernur The Fed ini bisa menekan dollar AS," imbuhnya.

Meski begitu untuk Senin (23/10) Alwi masih melihat euro tetap tak mampu mengungguli greenback. Secara teknikal saat ini harga sudah bergerak di bawah garis moving average (MA) 10 dan MA 55 yang mengindikasikan pelemahan.

Indikator moving average convergence divergence (MACD) juga masih negatif. Indikator relative strength index (RSI) berada di level 49. Sedangkan indikator stochastic sudah berada pada posisi overbought di level 80.

Rekomendasi : sell on strength

Support : 1,1770 – 1,1720 – 1,1670

Resistance : 1,1857 – 1,1900 – 1,1960 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×