kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor Bakrieland akhirnya bertemu OJK, paparkan sembilan poin


Selasa, 10 Juli 2018 / 20:49 WIB
Investor Bakrieland akhirnya bertemu OJK, paparkan sembilan poin
ILUSTRASI. Investor Tolak Reverse Stock ELTY


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Forum investor PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) yang dikenal dengan nama Forty akhirnya beraudiensi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka membongkar seluruh kejanggalan di perusahaan tersebut. Sebanyak 9 laporan telah diungkapkan langsung di hadapan regulator.

"Ada beberapa poin yang kita sampaikan kepada OJK kemarin. Sebanyak 4 poin merupakan temuan investor terkait rencana reverse stock, sedangkan 5 poin menjabarkan kejanggalan-kejanggalan," kata anggota Forty Hidayat kepada Kontan, Selasa (10/7).

Namun, Forty belum ingin membuka seluruh temuan dan kejanggalan Perseroan anggota Bakrie Group tersebut. Investor ingin memberikan ruang kepada OJK untuk mengkaji laporan Forty untuk kemudian baru diungkapkan ke publik.

"Ada beberapa poin yang belum ingin kita buka ke masyarakat. Kita tunggu OJK untuk mempelajarinya lebih dulu," ujarnya.

Beberapa poin yang disampaikan di antaranya, pertama terkait kejanggalan dari tujuan ELTY melakukan aksi reverse stock. Sebelumnya, Perseroan ini mengungkapkan tujuan reverse stock adalah untuk menambah modal operasioanal, kemudian berubah menjadi restrukturisasi utang.

Kedua, terkait janji ELTY di 27 Februari 2018 yang menyatakan tidak akan melakukan aksi korporasi dalam waktu dekat. Namun, pada 29 Maret 2018 Perseroan justru mengumumkan akan melakukan reverse stock. Sedangkan, dalam keterbukaan informasi pada 15 Januari 2018, kreditur PT Geo Link Indonesia sudah meminta ELTY untuk melakukan reverse stock.

Ketiga, terkait dampak reverse stock yang diyakini hanya akan merugikan investor. Ini sudah tercermin dari beberapa emiten Bakrie Group yang sudah melakukan aksi serupa, yakni BNBR, UNSP dan ENRG, sehingga merugikan ribuan investor emiten tersebut.

Keempat, Forty juga menemukan adanya kecenderungan afiliasi antara pihak debitur dalam hal ini ELTY, dengan pihak kreditu yakni PT Geo Link Indonesia. Berdasarkan, temuan Kontan sebelumnya, diketahui bahwa Direktur Geo Link adalah mantan Komisaris Independen UNSP yakni Johnny Widjadja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×