kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas bangkit tapi belum mampu reli


Senin, 28 Mei 2012 / 08:31 WIB
Emas bangkit tapi belum mampu reli
ILUSTRASI. Vaksin Covid-16 Sinopharm buatan China yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong.


Reporter: Muhammad Khairul |

JAKARTA. Kendati belum mampu melenting lagi ke level US$ 1.600-an, emas mulai bangkit. Di pasar berjangka New York, harga logam mulia ini menguat 0,73% menjadi US$ 1.571,2 per troy ounce (toz), Jumat (25/5).

Yang menarik, penguatan emas di ujung pekan lalu bersamaan dengan kenaikan indeks dollar Amerika Serikat (AS). Indeks AS ditutup menguat di level 82,402. Padahal, lazimnya, pergerakan emas dan dollar AS berlawanan.

Analis memperkirakan, harga emas kembali terkerek karena pelaku pasar mulai mendiversifikasi risiko dengan mengalihkan sebagian aset dari ekuitas ke emas.

"Dua pekan lalu, emas sudah cukup rendah di US$ 1.533 sehingga ada aksi beli di harga terendah (buying on dips)," ujar Daru Wibisono, analis senior Monex Investindo Futures.

Kepemilikan emas fisik di SPDR Gold Trust, salah satu perusahaan perdagangan emas berjangka terbesar di dunia, akhir pekan lalu naik menjadi 1.270,26 metrik ton.

UBS AG juga melaporkan, tingkat permintaan emas di negara-negara Asia di luar India cukup baik, sedangkan di Eropa yang notebene masih dibekap krisis, ketertarikan masih ada.

Namun, melihat analisis teknikal, alat investasi klasik ini masih berisiko turun. Indikator Moving Average dan Stochastic mingguan terkonfirmasi berada dalam tren turun (downtrending). “Berarti reli harian akan terbatas. Belum bisa dibilang kenaikannya untuk tren jangka panjang,” jelas Daru.

Level support kunci emas saat ini ada di US$ 1.520, yang merupakan level terendah emas pada Desember 2011. Jika level tersebut bisa ditembus, emas akan anjlok kembali ke level US$ 1.500 dan baru masuk level jenuh jual di US$ 1.470.

Tekanan atas emas setidaknya akan berlanjut hingga hasil pemilihan umum Yunani pada 17 Juni nanti sudah jelas. Pasar juga akan dibebani sentimen utang Yunani yang jatuh tempo sebelum pemilu.

Namun, analis optimistis emas masih bisa bertahan di atas US$ 1.500-an, dikuatkan oleh sentimen rencana stimulus beberapa negara. Secara teori, stimulus moneter akan melemahkan mata uang termasuk dollar AS. Emas pun diharapkan bisa terangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×