kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yunani akan kembali dapat dana talangan


Selasa, 09 Juli 2013 / 00:17 WIB
Yunani akan kembali dapat dana talangan
ILUSTRASI. Petani bersiap merontokkan gabah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.


Reporter: Erika Anindita | Editor: Amal Ihsan

BRUSSELS. Para menteri keuangan zona Euro akan menyetujui pengucuran dana talangan lagi bagi Yunani saat mereka bertemu di Brussels, Senin (8/7) ini.  Trio donatur yang terdiri atas Komisi Eropa (EC), Bank Sentral Eropa (ECB), dan Dana Moneter Internasional (IMF), dalam pernyataan bersamanya menyebutkan, tim yang memantau penggunaan dana talangan telah mencapai kesepakatan dengan pejabat-pejabat Yunani terkait kebijakan-kebijakan yang perlu diimplementasikan untuk memastikan pengucuran program bantuan bagi negara tersebut.

Persetujuan perjanjian dalam rapat para menteri keuangan zona Euro yang akan dimulai pukul 15.00 sore waktu Brussels akan menjadi langkah penting bagi Yunani, yang terperosok dalam masalah keuangan sejak 2010, untuk menerima pembayaran sebanyak 8,1 triliun euro atau setara US$ 10,4 milyar. Seorang pejabat Uni Eropa yang tidak bersedia disebutkan identitasnya bilang, pembayaran tersebut diperkirakan akan terbagi secara bertahap.

Meski hasil perundingan kemungkinan besar akan berujung kesepakatan untuk kembali mengucurkan dana talangan untuk Yunani, tim pemantau trio donatur menyebut beberapa implementasi kebijakan Yunani terbelakang pada beberapa sektor.

"Pemerintah Yunani sedang menyiapkan aturan-aturan yang dapat mendukung keberlangsungan program dan akan memberikan rincian tagihan-tagihan segera sebelum pertemuan parlemen," sebut pernyataan para donatur. "Para pemegang kebijakan juga tengah menyiapkan peraturan menteri-menteri dan aturan legal lain guna memenuhi komitmen mereka di masa depan."

Masih dikutip dari pernyataan bersama para donatur, pemerintah Yunani telah berjanji melaksanakan "langkah-langkah korektif" untuk memenuhi target fiskal negara di semenanjung Laut Mediterania tersebut sepanjang tahun ini dan tahun depan, yang termasuk syarat perolehan dana talangan mereka. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×